News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Kemampuan Dalmas bersama  Unit Satwa (K - 9) Ditsamapta Polda Kalba

Tingkatkan Kemampuan Dalmas bersama  Unit Satwa (K - 9) Ditsamapta Polda Kalba


Pontianak Kalimantan Barat,  Wartapembaruan.co.id -- Ditsamapta Polda Kalbar dalam rangka persiapan menghadapi pesta demokrasi ditahun 2024 melaksanakan program  pelatihan Dalmas  kepada anggota yang mana bila menghadapi unjuk rasa, anggota Dalmas sebagai pengendali massa yang bergerak dalam ikatan kesatuan minimal kompi untuk setingkat Polda berfungsi  untuk mengendalikan dan mencegah massa yang sudah masuk ke zona kuning ,zona kuning dimana massa sudah mulai brutal atau anarkis.

Kegiatan Latihan Dalmas yang digelar di lapangan Mapolda Kalbar  dipimpin Wadir Samapta Polda Kalbar, AKBP wuryanto, SIK, MH Rabu (19/03/ 2022)

Wadir Samapta Polda Kalbar menjelaskan,Kegiatan latihan dalmas tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan skill anggota Ditsamapta Polda Kalbar terkait dengan penanganan kegiatan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah Kalimantan Barat dan juga persiapan memback up pengamanan pesta demokrasi di tahun 2024, Walaupun waktu masih cukup lama namun  Ditsamapta Polda Kalbar dari jauh jauh hari sudah mempersiapkan baik personil maupun peralatan dan perkekuatan.

Ditempat lain, Dirsamapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra, SIK, MH mengatakan bahwa maksud tujuan diberikannya latihan kali ini untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam pengendalian massa sekaligus melatih Satwa Ditsamapta Polda Kalbar agar terampil dan mahir.

"Dalam kegiatan latihan ini Direktorat Samapta Polda Kalbar melaksanakan latihan Dalmas awal sampai dalmas lanjut dengan melibatkan Personil K9,  dalam latihan ini kita melibatkan jumlah personel sebanyak 150 orang kemudian dari Satwa juga kita melibatkan ada K-9 dua ekor, ucap Kombes Pol Permadi syahid Putra, S.I.K., M.H.

Dikatakannya, bahwa dalam latihan dalmas tersebut, Ditsamapta Polda Kalbar melibatkan unit Satwa K9 guna melatih kemampuan satwanya.

"Kita akan melakukan latihan melalui kegiatan Dalmas awal sampai dalmas lanjut di mana dalam kegiatan itu tentu juga kita latihkan dari pawangnya, termasuk juga satwanya", katanya.

Tujuannya adalah agar anggota Ditsamapta Polda Kalbat bisa lebih terlatih, lebih terampil dan mahir menguasai semua gerakan dalmas

"Begitu juga bagaimana Satwa kita yang sudah didukung dari Mabes Polri khususnya untuk k-9.   Bagaimana di dalam kegiatan-kegiatan pelatihan dalmas itu ada juga bagian / andil dari K9  di dalamnya untuk mengurai massa nanti", terangnya.

"Selain untuk meningkatkan kemampuan personel supaya anggota lebih mahir dan profesional dalam pelaksanaan tugas dilapangan khususnya pengamanan massa, baik itu tingkatan paling awal hingga tingkat lanjutan yang menjurus ke aksi anarkis", tandasnya.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.