News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar Bertemu Dubes Ukraina

Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar Bertemu Dubes Ukraina


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin di Gedung MPR/DPR Jakarta, Jumat (25/3/2022). Dalam pertemuan tersebut, Cak Imin mendengarkan perkembangan terkini mengenai konflik di wilayah Ukraina sejak invasi Rusia.

“Duta Besar Ukraina datang ke kantor DPR dan menjelaskan semua perkembangan yang memilukan, memprihatinkan, agresi Rusia kepada Ukraina. Beliau harap Indonesia berperan aktif untuk hentikan perang," kata Cak Imin usai menemui Hamianin.

Dikemukakan bahwa Dubes Ukraina mengusulkan agar Indonesia bisa mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin menghentikan perang saat KTT G20 di Bali, November 2022. Menurut Muhaimin, ia akan menyampaikan usulan itu ke Presiden Joko Widodo.

Pada bagian lain Muhaimin menambahkan bahwa Dubes Ukraina mengharakan agar KTT G20 menjadi sarana untuk meminta Presiden Putin menghentikan serangan pada Ukraina. Ukraina dalam posisi sangat sulit karena serangan Rusia.

"Oleh karena itu Indonesia mengimbau Rusia untuk hentikan serangan dan meneruskan dialog dan pertemuan perdamaian. Nanti kami sampaikan kepada Presiden Jokowi harapan-harapan Pak Dubes, salah satunya di G20, dan jalur-jalur diplomasi internasional yang dimiliki Indonesia diharapkan bisa dipercepat," katanya.

Wakil Ketua MPR itu juga berharap Presiden Rusia Vladimir Putin bisa hadir di puncak KTT G20 di Bali. Diharapkan kedatangan Putin nanti menjadi sarana mencari solusi damai.

“Kalau KTT G20 menghadirkan Presiden Putin untuk perdamaian bagus,” katanya. Namun kalau Presiden Rusia itu tidak hadir, maka KTT G20 dapat digunakan untuk menggalang solidaritas dunia menghentikan perang," kata Muhaimin Iskandar.

Sementara itu Dubers Ukraina Vasyl Hamianin mengapresiasi pertemuan dengan Muhaimin Iskandar yang akan menggaungkan solidaritas kemanusiaan atas kesulitan yang dialami warga Ukraina saat ini.

Sehari sebelumnya, Kamis (24/3/2022) di Gedung MPR, Jakarta, Muhaimin menerima kunjungan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva. Dubes Lyudmila didampingi staf Kedubes Rusia sedangkan Muhaimin didampingi anggota DPR Daniel Johan dan Wasekjen PKB Dita Indah Sari.

Pada pertemuan dengan Dubes Rusia, Muhaimin mengatakan bahwa ia berharap segera tercipta suasana damai di Ukraina karena ia khawatir konflik Rusia-Ukraina akan memicu perang global.

“Supaya tidak jadi pemicu kita berharap banyak pada Rusia untuk mempercepat keadaan ini sehingga jadi lebih damai,” kata Muhaimin. (ys_soel)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.