News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wabup Simalungun, Kapolres dan Ketua PN Ikuti Rakor Lintas Sektoral Bersama Kapoldasu

Wabup Simalungun, Kapolres dan Ketua PN Ikuti Rakor Lintas Sektoral Bersama Kapoldasu


SIMALUNGUN, Wartapembaruan.co.id -- Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi bersama Ketua Pengadilan Negeri (PN), Vera Yetti Maghdalena mengikuti rakor lintas sektoral bersama Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati, Zonny Waldi bersama Kapolres, AKBP Nicolas Dedi Arifianto dan Ketua Pengadilan Negeri (PN), Vera Yetti Maghdalena mengikuti kegiatan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral bersama Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak secara virtual zoom.

Kegiatan itu berlangsung di rumah dinas Wakil Bupati, Jalan Suri-Suri, Nagori Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (19/4/2022)

Rakor itu dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 di wilayah Sumut dan secara virtual dibuka Kapoldasu melalui aplikasi meeting zoom.

Diketahui rakor juga diikuti Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan, Sabar P Saragih, Kasatpol PP, Adnadi Girsang, perwakilan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut, Munson dan Lusia Tobing, mewakili Dinas Kesehatan (Dinkes), Saldem E Purba dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU), Agus Intta Sinasa.

Sementara personil Polres Simalungun yang mengikuti rapat antara lain, Kabag Ops, Kompol Juni Herimon Situmorang, Kasat Intelkam, AKP Restuadi, Kasat Narkoba AKP Adi Haryono, Kasat Reskrim, AKP Rachmat Aribowo dan Kasat Sabhara, AKP P Butar-butar.

Kapoldsu menyampaikan, sebelumnya sudah mengikuti rakor bersama dengan unsur Menteri yang dipimpin Kapolri dalam rangka kesiapan pemerintah menghadapi kegiatan mudik masyarakat saat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

“Dan saat ini kita melaksanakan kegiatan yang sama guna mengetahui sejauh mana kesiapan kita di Sumut,” kata Panca.

Dikatakan, pemerintah sudah menetapkan libur nasional yang dimulai pada tanggal 29 April-6 Mei 2022. Menurut Kapoldasu, pemerintah memberikan libur dengan waktu yang panjang untuk memperingati Idul Fitri tahun ini.

“Pemerintah berharap kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan rangkaian kegiatan,” sebut Panca.

Diprediksikan di Sumut akan mengalami peningkatan arus mudik sampai 87 persen. “Ini harus segera kita antisipasi dengan berbagai langkah dan sampai saat ini seluruh regulasi sudah dilaksanakan dalam penanganan Covid-19,” ujar Kapoldasu.

Menyinggung tentang Operasi Ketupat Tahun 2022, Kapoldasu mengatakan, hal ini merupakan operasi kemanusian, sehingga diharapkan kerja sama unsur pemerintah dan stakeholder dengan terintegritas sesuai bidang tugas masing-masing dalam kebersamaan, agar dalam kegiatan mudik masyarakat tetap aman, lancar dan sehat.

Pelaksanaan kegiatan Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat, Kapoldasu menyebutkan, untuk mengamankan bukan menyekat, namun harus tetap mempersiapkan prokes seperti scand barcode Peduli Lindungi, dan menyiagakan tenaga medis melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat yang belum divaksin sampai dengan dosis 3 atau booster.

“Pos-pos yang didirikan harus terintegrasi. Tak perlu banyak, namun bisa memantau para masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk mengamankan kegiatan mudik,” pinta Panca. (Rel/AG)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.