News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Implementasikan Nilai Ramadhan, Prajurit  TNI Akan Miliki Mental Tangguh

Implementasikan Nilai Ramadhan, Prajurit  TNI Akan Miliki Mental Tangguh


Pekanbaru.wartapembaruan.co.id - Dua nikmat Allah yang  paling bermakna di bulan Ramadhan, pertama, nikmat saat berbuka, bermakna melatih kesabaran, menahan amarah,  memiliki ketabahan, dan ketahanan diri, rendah hati, jujur, dan disiplin.  Kedua,  merayakan kemenangan perang yang amat besar yaitu perang melawan hawa nafsu, maknanya terjauh dari perbuatan tercela. Apabila nilai-nilai Ramadhan diimplementasikan maka prajurit memiliki mental tangguh.


Demikian yang dikatakan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam sambutannya pada acara Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M, yang bertemakan,"Implementasi Nilai Ramadhan Dalam Kehidupan Prajurit TNI", tempat di Apron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin-Pekanbaru, Senin (2/4/22).

Kemudian Andi Kustoro, S.E., menjelaskan, sebagai insan prajurit TNI apabila mengamalkan nilai Ramadhan , maka dalam  tugas memiliki dua dimensi yang sangat kuat yaitu, tanggung jawab  kepada Allah yang disebut  (Hablumminallah),  sedangkan (Hablumminannas) adalah tanggung jawab  terhadap amanat yang diberikan negara melalui budaya kerja yang memiliki, integritas, keselarasan antara hati, fikiran, perkataan, profesional , disiplin, kompeten dengan hasil yang baik, jangan  sampai bekerja hanya bersifat seremonial atau sekedar ritual saja.

"Bulan Ramadhan  sebagai bulan ibadah, bulan pendidikan, dan bulan latihan, yang menjadikan prajurit TNI agar lebih baik dari sebelumnya, dan juga  bagi keluarga maupun masyarakat, agar dalam setiap penugasan dan pengabdian mendapat ridho dari Allah SWT",ujar Andi Kustoro.


Danlanud Rsn Marsma TNI Andi Kustoro  mengajak,  agar prajurit TNI khsususnya  keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin untuk mendengarkan dan mengamalkan isi khutbah yang akan disampaikan  al-Ustadz Khairul Saleh, sebagai pedoman dalam bekerja.


"Terimakasih kepada Warga Lanud Roesmin Nurjadin dan masyarakat yang telah menciptakan suasana yang aman,  nyaman, dan kondusif selama Ramadhan serta dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusuk dan tawadhu. Semoga Allah SWT menerima ibadah puasa kita dan amalan-amalan lainnya, dan berharap  dipertemukan kembali dengan Ramadhan dan Idul Fitri di tahun depan",ucap Andi Kutoro.

Andi Kustoro, S.E., mengajak, mari kita berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan, keselamatan dan kesuksesan dalam setiap pengabdian kepada bangsa dan negara, khususnya TNI Angkatan Udara.

Selanjutnya, al-Ustazd Khairul Saleh dalam khutbahnya menjelaskan, sebenarnya kedatangan Ramadhan adalah kesempatan untuk memperpanjang usia, karena ibadah puasa, qiyamulailnya membawa keberuntungan bagi yg mengerjakannya, bagi yang lalai, maka puasanya tidak akan sempurna, pahalanya diskon karena terus berbuat dosa, ghibah, gunjing, fitnah dan perbuatan negatif lainya.

"Oleh karena itu ada tiga keberhasilan di bulan penuh magfirah ini yaitu, menang di medan pertempuran melawan nafsu, berpenampilan dan berakhlak baik, dan kerjanya berkualitas",ujar Pimpinan Pesantren Tahfiz Mahligai Qur'an.

Sebelumnya ditempat yang sama, Kabintal Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus Edison, S.Ag juga menyampaikan, bahwa antusias warga Lanud Rsn untuk menunaikan kewajiban membayarkan  Zakat Fitrah juga cukup tinggi, uang terkumpul  lebih kurang Rp.40 juta, dan diserahkan kepada 280 orang Mustahaq/penerima zakat.

Kemudian setelah selesai  Shalat Ied, dilanjutkan dengan halal bihalal dan ramah tamah, dan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Nampak hadir, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn Ny.Iswari Andi Kustoro bersama pengurus,  Para Pejabat, dan warga Lanud Rsn serta masyarakat sekitarnya.

Juntak

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.