News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Kasmarni Buka Sosialisasi Isbat Nikah Terpadu

Bupati Kasmarni Buka Sosialisasi Isbat Nikah Terpadu


Bengkalis (Duri), Wartapembaruan - Hari ini Bupati Bengkalis Kasmarni kunjungan kerja (kunker) ke Duri, dalam rangka menghadiri dan membuka kegiatan sosialisasi isbat nikah terpadu, di Gedung Bathin Betuah Kantor Kecamatan Mandau-Duri, Kabupaten Bengkalis, Kamis, (16/06/ 2022).

Kegiatan sosialisasi itu sepertinya sudah dirancang dengan baik, dan para peserta yang hadir yaitu, utusan kecamatan, KUA dan desa serta 75 pasang penerima fasilitas, sosialisasi tersebut diselenggarakan

Dikatakan bupati, bahwa sosialisasi isbat nikah terpadu ini, merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengimplementasikan salah satu dari delapan program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, melalui peningkatan kualitas layanan sistem kependudukan berbasis mobile, dengan tujuan utamanya agar penduduk dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan dokumen kependudukan yang berkualitas.

Kondisi sebuah keluarga dengan status perkawinannya yang tidak tercacat, tentu sangat tidak harapkan, karena dapat berimplikasi sangat luas pada status anak, validitas dan keakuratan data kependudukan, hak waris dan lainnya. 

"Jika kondisi seperti ini terus berlanjut dan tidak segera diupayakan solusinya, maka hal tersebut dapat menjadi beban pembangunan di masa yang akan datang. Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan terus berupaya memberikan solusi, agar kita dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat sebagaimana tersebut diatas, dengan harapan, kita dapat mewujudkan kehidupan keluarga yang lebih baik dan sejahtera sejalan dengan visi kita yakni mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," kata Kasmarni. 

Diteruskan bupati, pelaksanaan kegiatan isbat nikah terpadu ini, merupakan bukti kehadiran dan komitmen Pemda bersama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama, guna membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan hukum.

"Karena melalui kegiatan isbat nikah terpadu nantinya, bagi pasangan yang dikabulkan permohonan isbat nikahnya akan mendapatkan dokumen sekaligus, yakni memperoleh pengesahan nikah dari Pengadilan Agama, akta nikah dari Kantor Urusan Agama, dan dokumen kependudukan berupa KK dan KTP dengan status kawin tercatat yang diterbitkan Disdukcapil Bengkalis," sebut Kasmarni.

"Dengan demikian, masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan semua layanan, sehingga tidak perlu bolak-balik dari satu instansi ke instansi lainnya," ujar Kasmarni.

Selanjutnya dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Bengkalis dengan Kementerian Agama tentang sinergitas dalam penyediaan tenaga ahli, peningkatan sumber daya manusia, penyuluh hukum, sosialisasi hukum dan pelayanan publik, serta MoU layanan SI PINTER bersama Kementerian Agama dan Pengadilan Agama. 

Setelah itu, bupati meninjau lokasi sidang isbat yang berada tepat di depan gedung Bathin Betuah. 

Tampak hadir dikegiatan itu, Kepala Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis Khaidir, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Ismail, Kadis Parbudpora Edi Sakura, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ardiansyah, Kadis Sosial Martini, Kadis PMPTSP Basuki Rakhmad, Plt. Kasatpol PP Hengki Irawan, Seketaris Kecamatan Mandau Yoan Dema, Pranata Humas Diskominfotik Bengkalis Muhammad Jazam, Kasubbag Prokopim Syafrizal dan lsinnya.(Jul).

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.