Iklan

Kanwil Kumham Sumut : 56 Tahun Jenderal Andap, Terus Berkarya dan Berinovasi

warta pembaruan
23 Juni 2022 | 2:57 PM WIB Last Updated 2022-06-23T07:57:42Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Tepat hari ini tanggal 23 Juni 2022 merupakan hari ulang tahun yang ke-56 Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Andap Budhi Revianto. Pria kelahiran Jakarta, 23 Juni 1966 itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988. Saat ini, perwira tinggi Polri itu menjabat sebagai Sekjen Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia sejak 10 Maret 2021 yang dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.


Andap mengemban amanah besar dari Yasonna dimana diharapkan bisa membawa Kemenkumham mencapai kinerja terbaik. Kariernya sebagai polisi sangat  mentereng. Ia pernah menjabat Kepala Bidang Propam Polda Metro Jaya dan juga pernah kapolda di tiga Provinsi. Andap sebelumnya menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal dan merangkap tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen menggantikan Bambang Rantam Sariwanto yang memasuki masa pensiun.

Andap merupakan sosok yang hamble, murah senyum dan menjadi sahabat yang baik dan menyenangkan, memiliki Integritas dan kompentensi serta loyalitas juga etos kerja ditambah kepiawaiannya memotivasi seluruh jajaran Kemenkumham agar bekerja maksimal.


Selain memiliki segudang pengalaman dibidang polisi, Andap Budhi Revianto juga piawai soal managerial sarat dengan inovasi selalu menjadi solusi. Sehingga unit-unit lembaga yang dipimpinnya selalu memperoleh apresiasi dibidang pelayanan internal maupun layanan publik. Profesionalitas dan kerja keras seluruh jajaran Kemenkumham pun berbuah hasil. Kemenkumham mendapat penghargaan dalam kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanaan Publik (P4) tahun 2022. Kompetisi ini digelar secara bersama oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan informatika, kantor Staf Presiden dan Ombusman RI. Dari 573 peserta Kemenkumham RI masuk dalam 30 peserta terbaik katagori instansi pemerintah, sehingga memperoleh penghargaan dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo.


Dan juga termasuk 1 dari 17 peserta yang berhak mendapatkan Piala Anggakara Birawa. Kemenkumham menjadi satu diantara dua Kementerian yang mendapatkan piala Kategori Instansi Pemerintah Umum Aspek Keberlanjutan, Konektivitas dan Dampak Terbaik.

Kemenkumham memiliki program dalam mengimplementasikan pelayanan terbuka dan mengutamakan kebutuhan masyarakat. Contohnya laporan dan pengaduan dijadikan sebagai masukan dari masyarakat untuk melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan demi pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat jadi bisa mengetahui aspirasi dan kebutuhan pelayanan masyarakat. Kemenkumham juga menyediakan beberapa kanal pengaduan yang mudah diakses oleh masyarakat.

Salah satunya menjadi operator Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) milik Pemerintah Republik Indonesia. LAPOR dapat dikunjungi pada laman lapor.go.id. Selama periode tahun 2021-2022, Kemenkumham telah menangani 1341 laporan dan pengaduan masyarakat melalui LAPOR.

Andap mengingatkan seluruh pegawai untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Andap terus bersemangat dan terus berupaya agar seluruh insan Pengayoman selalu memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara mengucapkan "Selamat Ulang Tahun Jenderal, Terus Berkarya dan Berinovasi, Panjang Umur Sehat dan Sukses Selalu".(AVID)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kanwil Kumham Sumut : 56 Tahun Jenderal Andap, Terus Berkarya dan Berinovasi

Trending Now

Iklan