News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kelurahan Siopat Suhu Wakili Siantar Timur Ikuti Lomba Kelurahan Terbaik se-Kota Pematangsiantar

Kelurahan Siopat Suhu Wakili Siantar Timur Ikuti Lomba Kelurahan Terbaik se-Kota Pematangsiantar


Pematangsiantar, Wartapembaruan.co.id -- Kelurahan Siopat Suhu menjadi wakil Kecamatan Siantar Timur untuk mengikuti Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022. Penilaian Kelurahan Siopat Suhu sebagai peserta Lomba Kelurahan Terbaik berlangsung di Kantor Lurah Siopat Suhu, Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 13.30 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan SE MM dalam sambutannya menerangkan,
sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia No 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan, untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa dan kelurahan melalui pembangunan Indonesia, maka dilakukanlah evaluasi. Salah satu evaluasi itu adalah melakukan Penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022. Untuk Kecamatan Siantar Timur diwakili Kelurahan Siopat Suhu.

"Kami dari Tim Penilai Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022, akan melakukan penilaian secara objektif, karena indikator penilaian ini jelas sebagaimana tertuang di Peraturan Menteri Dalam Negeri No 81 Tahun 2015," sebutnya.


Dilanjutkannya, ada tiga bidang yang akan menjadi penilaian tim, yaitu (1)

Penilaian bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan yang meliputi aspek pemerintahan; kinerja; inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat; desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government; dan pelestarian adat dan budaya.

(2) Penilaian bidang Kewilayahan Desa dan Kelurahan meliputi aspek: identitas; batas; inovasi; tanggap dan siaga bencana; dan pengaturan investasi.

(3) Penilaian bidang Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan meliputi aspek: partisipasi masyarakat; lembaga kemasyarakatan; pemberdayaan kesejahteraan keluarga; keamanan dan ketertiban; pendidikan; kesehatan; ekonomi; penanggulangan kemiskinan; dan peningkatan kapasitas masyarakat.

"Kegiatan ini selain memberikan penilaian, kami dari tim juga mengevaluasi kinerja pembangunan yang ada di kelurahan ini. Ini merupakan bagian dari Pemerintah Kota Pematangsiantar, yakni sudah sejauh mana pembangunan dapat menyentuh sampai kelurahan. Kami juga mengevaluasi bagaimana OPD di Pemerintah Kota Pematangsiantar apakah sudah berbuat sampai tingkat kelurahan," jelasnya.

Turut hadir, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pembangunan Drs Daniel Siregar,
Sekcam Siantar Timur Fadlan Sarqowi SSTP, para tokoh masyarakat, serta Ketua RT/RW di Kelurahan Siopat Suhu. (*)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.