Iklan

Disdukcapil Bengkalis Sosialisasikan Pendaftaran Penduduk

warta pembaruan
05 Juli 2022 | 3:14 PM WIB Last Updated 2022-07-05T08:14:18Z


Bengkalis, wartapembaruan.co.id - Agar masyarakat mengerti dan memahami pentingnya administrasi kependudukan dan catatan sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis mengadakan Sosialisasi Pendaftaran Penduduk tahun 2022, di Aula Hotel Pantai Marina Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Selasa (05/07/2022).

Yang membuka Sosialisasi ini dilakukan oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Abdul Kadir, didampingi Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Suiswantoro, mewakili Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis Ismail.

Para peserta berjumlah 30 orang Tenaga Komputer Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), dihadiri 2 orang narasumber, yakni, Dwi Setiawati dari DPMD Dukcapil Provinsi Riau dan Faizal Riza yang merupakan tenaga ahli.

Sambutan Kepala Disdukcapil yang dibacakan oleh Abdul Kadir mengatakan, bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman arti pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, juga memberikan pemahaman terkait Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 24 tahun 2013, Tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 tahun 2006, tentang Administrasi Kependudukan, dan juga untuk mendalami layanan online simpeldukcapil.

"Harapannya, dengan meningkatnya pemahaman akan berdampak pada tertib administrasi kependudukan. Adapun yang dimaksud tertib administrasi kependudukan antara lain, tertib database kependudukan, tertib penerbitan NIK, tertib semua dokumen kependudukan seperti KK KTP KIA dan akta pencatatan sipil," kata Abdul Kadir.

Lanjutnya, sosialisasi ini sangat penting dalam upaya peningkatan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan dengan prinsip penyelenggaraan adminduk yang membahagiakan masyarakat melalui pelayanan yang inovatif, mudah, cepat, akurat tanpa calo dan gratis penduduk di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis dibawah kepemimpinan Bupati Kasmarni melalui Disdukcapil, berkomitmen memberikan pelayanan kependudukan yang membahagiakan kepada masyarakat. Kami memberikan kemudahan layanan bagi seluruh penduduk Kabupaten Bengkalis dengan menyiapkan beberapa cara pelayanan yang dapat dimanfaatkan warga dalam mengurus dokumen kependudukan," tutup Abdul Kadir.(Jul).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Disdukcapil Bengkalis Sosialisasikan Pendaftaran Penduduk

Trending Now

Iklan