Iklan

Danjen Akademi TNI Buka Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol di Magelang

warta pembaruan
06 Agustus 2022 | 11:28 AM WIB Last Updated 2022-08-06T04:28:14Z


Magelang, Wartapembaruan.co.id --Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara pada pembukaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol, bertempat di Lapangan Sapta Marga Akmil Magelang, Kamis (4/8/2022). Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan ini akan berlangsung selama 3 bulan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI, Magelang.

Danjen Akademi TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa materi pelajaran yang diberikan dalam pendidikan dasar tahap awal dititik beratkan pada materi dasar keprajuritan dan kebhayangkaraan yang bersifat fisik, mental dan pengetahuan tentang TNI dan Kepolisian agar terbentuk sikap dan perilaku menjadi pribadi dan karakter sebagai seorang Prajurit Sapta Marga dan Bhayangkara Negara.

Letjen TNI Bakti Agus Fadjari menjelaskan bahwa setelah menjalani Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan, Calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI dan Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) Akpol tahap awal selama 3 bulan selesai dan dinyatakan lulus, mereka akan dilantik menjadi Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akpol. "Sedangkan Bhayangkara Taruna Akpol akan dikembalikan ke Akpol guna mengikuti pendidikan  tahap lanjutan selama 3,5 tahun hingga pelantikan menjadi seorang Perwira Polisi dengan pangkat Inspektur Dua Polisi," katanya. 


Lebih lanjut Danjen Akademi TNI mengatakan bahwa Prajurit Taruna Akademi TNI masih akan mengikuti pendidikan lanjutan tahap ke-2 selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan kematraan di Akademi Angkatan  bila dinyatakan lulus yang ditandai dengan kenaikan pangkat menjadi Kopral Taruna dan kemudian akan diserahkan kepada Akademi Angkatan untuk melanjutkan pendidikan selama 3.5 tahun hingga mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.


Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol Tahun Pendidikan 2022/2023 ini adalah pelaksanaan pendidikan yang kedelapan dalam satu wadah lembaga pendidikan yang sama di Menchandra Akademi TNI. "Pelaksanaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan ini bertujuan untuk menanamkan sikap dan semangat integrasi pada Taruna Akademi TNI dan Akpol serta membangun sinergitas dan soliditas bagi calon-calon generasi pemimpin TNI-Polri di masa datang," pungkas Danjen Akademi TNI.

Pada tahun 2022, Akademi TNI akan mendidik sebanyak 1.028 Capratar Akademi TNI dan Cabhatar Akpol yang terdiri dari 379 Taruna Akmil (360 Taruna, 19 Taruni), 250 Taruna Akademi Angkatan Laut (236 Taruna,14 Taruni), 149 Taruna Akademi Angkatan Udara (137 Taruna, 12 Taruni) dan 250 Taruna Akpol (220 Taruna, 30 Taruni).(*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danjen Akademi TNI Buka Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol di Magelang

Trending Now

Iklan