Iklan

Ditbinmas Polda Jateng Tutup Diksar Satpam Gada Pratama Angkatan ke-19, di Kota Tegal

warta pembaruan
01 September 2022 | 3:58 PM WIB Last Updated 2022-09-01T08:58:37Z


Kota Tegal, Wartapembaruan.co.id - Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama angkatan ke-19 yang diselenggarakan oleh Ditbinmas Polda Jateng bekerja sama dengan BUJP PT. Rian Jaya Perkasa Kota Tegal, secara resmi telah ditutup, Kamis (01/09/2022)

Upacara Penutupan Diksar Satpam Gada Pratama tersebut secara resmi dilaksanakan di Pusdiklat PT. Rian Jaya Perkasa yang beralamatkan di Kelurahan Kalinyamat Wetan, Kec. Tegal Selatan oleh Dirbinmas Polda Jateng melalui Kasubdit Bin Satpam Polsus AKBP Nunuk Setyowati, S.I.K., M.H.

Dalam sambutanya AKBP Nunuk menyampaikan, bahwa sebagai kepanjangan tugas dan pengemban fungsi kepolisian terbatas, anggota Satpam mempunyai tugas mulia yakni turut menjaga dan menjamin kondisi lingkungan atau kawasan kerjanya agar dalam keadaan aman.

Oleh sebab itu menurutnya, apa yang telah diperoleh selama pendidikan agar terus diingat dan jadikan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas agar tidak salah langkah dalam bertindak.

“Jaga sikap dan attitude, sehingga dalam melayani baik sesama rekan maupun kepada masyarakat, senyum, sapa dan salam jangan pernah ditinggalkan,” ujarnya.


Ketika menegur, lanjutnya, gunakan bahasa yang baik dan tidak menyakitkan sesuai etika yang berlaku dilingkungan kerjannya. Kemudian, 7 (tujuh) kompetesi dasar yang wajib dimiliki satpam agar dikuasai dan diterapkan dalam pelaksanan tugasnya.


Jaga penampilan, percaya diri, ada persiapan dan perencanan dalam setiap tugas apapun. Karena ketika perencanaannya bagus, Insha Allah hasilnya tidak akan jauh dan mengecewakan. Selain itu gerakan pengaturan lalulintas, cara penjagaan, pengawalan, patroli maupun pengamanan TKP agar dikuasai,” jelasnya.

Mewakili Dirbinmas dirinya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur Utama PT. Rian Jaya Perkasa karena telah memberikan kepercayaan kepada Polda Jateng dalam pelaksanaan Diksar Satpam Gada Pratama yang dilaksanakan di Polres Tegal Kota.

Dirinya berharap agar satpam lulusan Diksar Gada Pratama angkatan ke-19 tahun 2022, dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti diksar.


“Jadikan semua yang telah diperoleh dalam diksar sebagai bekal tugas dilapangan, tugas saudara adalah menjaga kamtibmas dilingkungan perusahaan/instansi. Jauhi sifat arogansi dalam setiap pelaksanaan tugas,” pungkasnya.



Sementara itu kegiatan Diksar Satpam angkatan ke-19 tahun 2022 diikuti oleh 83 peserta. Kegiatan digelar selama 14 hari yang di mulai dari tanggal 18 Agustus hingga 01 September 2022 ini dinyatakan lulus dengan kualifikasi Gada Pratama. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada para siswa atau peserta Diksar yang berprestasi.


Masing-masing diberikan kepada Aji Lukman Hakim sebagai siswa Trengginas, kemudian kepada M. Zaelani Sidik sebagai siswa Cendekia dan terakhir diberikan kepada Ika Khaerunnisa sebagai siswa tertabah.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ditbinmas Polda Jateng Tutup Diksar Satpam Gada Pratama Angkatan ke-19, di Kota Tegal

Trending Now

Iklan