Iklan

KI Pusat Selenggarakan Rakernis Bertema "Akselerasi, Sinergi, dan Gerakan Keterbukaan Informasi Publik Merespon Tantangan Zaman"

06 September 2022 | 8:03 AM WIB Last Updated 2022-09-06T01:03:39Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Dalam rangka membahas isu-isu strategis terkait keterbukaan informasi secara konkret, Komisi Informasi (KI) Pusat, menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-11 Komisi Informasi (KI) seluruh Indonesia, di Bandung, Jawa Barat, Senin (5/9/2022).


Menurut Penananggung Jawab (PJ) Rakernis ke-11 Arya Sandhiyudha, di sela-sela pembukaan Rakernis yang disambut oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, dan Ketua KI Jabar Ijang Faisal, diikuti Komisioner KI Pusat dan Komisionser KI Provinsi/kabupaten/kota seluruh Indonesia, Senin (5/9/2022).


Arya Sandhiyudha yang juga Wakil Ketua KI Pusat, menjelaskan, Rakernis ini membahas tiga hal penting yang saling beririsan.

Pertama isu aktual berkaitan dengan pemilu dan pemilihan 2024 yang menjadi atensi nasional.


Kedua, adalah relasi antara KI Pusat dan Daerah terkait kunjungan dan program kerja  peningkatan kelembagaan, terutama di 10-15 provinsi yang memiliki nilai terendah hasil IKIP 2022.


Ketiga adalah isu tugas dan fungsi maupun program KI berkaitan RPJMN, terutama program Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI), Monitorng dan Evaluasi (Monev) dan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP).


"Rakernis diharapkan menjadi tolok ukur menuju Rakornas ke-13 yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang optimal," jelas Arya yang merupakan Komisioner KI Pusat termuda sepanjang sejarah.

Ditambahkannya Rakernis ke-11 dimaksudkan untuk menyamakan pandangan antara KI Pusat dengan KI Provinsi dan/atau Komisi Informasi Kabupaten/Kota sebagai guideline dalam mengemban fungsi, tugas, dan wewenangnya untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.


Sementara dalam sambutannya, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro menyampaikan, pemerintah mencanangkan 2022 sebagai momentum kebangkitan Indonesia dari pandemi COVID-19 maka Rakernis diharapkan jadi spirit Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.


"Tahun ini juga merupakan titik awal bagi kami komisioner periode 2022-2026 untuk mewujudkan penguatan koordinasi dan sinergitas untuk peningkatan kinerja Komisi Informasi dalam menjalankan fungsi, tugas, dan wewenangnya sesuai dengan amanah UU KIP," ujarnya.


Ia menyebutkan KI membutuhkan banyak penguatan dan sinergitas dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya untuk optimalisasi KIP di tanah air. "Melalui penguatan KI diharapkan dapat mendorong budaya transparansi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaya saing tinggi," tuturnya.


Adapun Plt Sekretaris KI Pusat Nunik Purwanti menyampaikan, Tema Rakernis tahun 2022 ini yaitu:“Akselerasi, Sinergi, dan Gerakan Keterbukaan Informasi Publik Merespon Tantangan Zaman”.


Waktu penyelenggaraan 5 -7 September 2022 secara hybrid (online dan offline). Dihadiri 7 orang Komisioner Komisi Informasi Pusat, 34 Komisi Informasi Provinsi,5 Komisi Informasi Kabupaten/Kota, dan Sekretariat Komisi Informasi Pusat dan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat.

 (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KI Pusat Selenggarakan Rakernis Bertema "Akselerasi, Sinergi, dan Gerakan Keterbukaan Informasi Publik Merespon Tantangan Zaman"

Trending Now

Iklan