Iklan

Satgas Pengawalan DOB Lakukan Verifikasi Kesiapan Kantor Gubernur dan OPD Provinsi Papua Tengah

warta pembaruan
10 September 2022 | 10:44 AM WIB Last Updated 2022-09-10T03:44:18Z


Nabire, Wartapembaruan.co.id – Kelompok Kerja (Pokja) II Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) telah selesai melakukan peninjauan dan verifikasi kesiapan kantor gubernur dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Tengah.

Direktur Toponimi dan Batas Daerah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugiarto, selaku Ketua Pokja II, mengatakan selama lima hari ini, terhitung mulai 5 hingga 9 September 2022, pihaknya telah melakukan verifikasi sarana prasarana perkantoran dan beberapa hal terkait kesiapan para bupati se-wilayah Papua Tengah untuk melakukan hibah kepada Provinsi Papua Tengah.

“Dari verifikasi untuk kesiapan kantor gubernur, rumah jabatan gubernur, kantor sekda, rumah jabatan sekda sampai ke 22 OPD, alhamdulillah kita dibantu Pak Bupati beserta perangkatnya. Telah tersedia 22 kantor OPD untuk Provinsi Papua Tengah dan kita sudah pasang papan nama untuk masing-masing kantor yang nanti kewenangan oleh Pak Pj. (Gubernur Papua Tengah),” kata Sugiarto di Kantor Bupati Nabire, Jumat (9/9/2022).

Dalam kesempatan itu, dia menegaskan, Provinsi Papua Tengah siap menyongsong pelantikan Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Tengah. Pemerintah daerah (Pemda) saat ini sedang mempersiapkan panitia peresmian pelantikan Pj. tersebut. Untuk itu, pematangan peresmian Provinsi Papua Tengah terus digenjot.

Sugiarto mengapresiasi jajaran Pemda yang telah membantu kelancaran tugas dan target Pokja II Satgas DOB selama hampir satu minggu ini. Walaupun masih ada kekurangan, pihaknya optimistis tahapan proses ke depan akan semakin baik.

“Satu hal yang belum, (yaitu) terkait dengan kendaraan operasional, di daerah sendiri juga agak kesulitan. Maka ini nanti kita sampaikan ke pusat untuk kesiapan kendaraan bagi Pj. (Gubernur Papua Tengah) maupun perangkat daerahnya. Maka saya kira alhamdulillah kami dapat mencapai target apa yang diinginkan dalam satu tahap minggu pertama,” tandasnya.

Selain memverifikasi sarana prasarana dan penilaian kondisi gedung calon kantor gubernur dan OPD Provinsi, Pokja II dalam lawatannya juga melakukan survei perumahan pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kampung Kaladiri, Distrik Wanggar, Kabupaten Nabire. Tim juga melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan bandar udara (bandara) baru Nabire yang berlokasi di sebelah utara bakal pusat perkantoran terpadu Pemerintah Provinsi Papua Tengah. (Bkt)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Pengawalan DOB Lakukan Verifikasi Kesiapan Kantor Gubernur dan OPD Provinsi Papua Tengah

Trending Now

Iklan