Iklan

Pelaksanaan Program Unggulan Kopassus  (RTLH) di Grup 2 Kopassus Wujud Teritorial

warta pembaruan
05 Oktober 2022 | 4:52 PM WIB Last Updated 2022-10-05T09:52:08Z


JATENG, Wartapembaruan.co.id – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) melaksanakan kegiatan teritorial bedah rumah  RTLH (rumah tidak layak huni). Kegiatan teritorial renovasi rumah salah satu binaan Kopassus ini dipimpin langsung Komandan Grup 2 Kopassus dan beberapa prajurit lainnya.

Hal ini disampaikan Komandan Grup 2 Kopassus Kol Inf Sabdono Budi Wiryanto, S.E., .Dijelaskannya, dua rumah yang menjadi sasaran program unggulan Kopassus di antaranya, pertama milik Rumah Widi Santoso (46) Hargosari RT 003/002, Desa Sraten, Kecamatan. Gatak, Kabupaten, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kedua, Sarmi Harjo Taruno, 86,  Brontowiryan RT 1/1 Desa Ngabean, Kecamatan, Kartosuro, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah,(5/10/2022)

Dalam pengerjaannya Grup 2 Kopassus dibantu dengan masyarakat, yang sudah dimulai secara serentak mulai sejak tanggal 12 September sampai 4 Oktober.

“Sampai dengan hari ini untuk capaian hasil seluruhnya di dua lokasi, sudah mencapai 100 persen, dan hari ini tanggal 5 oktober bertepatan hari jadi TNI yang ke 77 kita menyerahkan kunci secara simbolis dan memberikan 20 paket sembako bagi warga kurang mampu.

Komandan Grup 2 Kopassus menyampaikan, program bedah RTLH sebanyak dua unit ini merupakan program unggulan Grup 2 Kopassus wujud teritorial.

“Selain itu juga sebagai bentuk kepedulian Kopassus kepada masyarakat kurang mampu dan untuk membantu pemerintah mewujudkan hidup yang sehat kepada masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan semacam ini, ungkap Sabdono, Komandan Grup 2 Kopassus berusaha untuk meningkatkan kehidupan masyarakat melalui bedah RTLH milik warga kurang mampu. Melalui program ini juga mendorong dan menumbuhkan kesadaran masyarakat bergotong-royong.

“Selain itu juga untuk memberikan stimulan kepada masyarakat kurang mampu dalam merehab tempat tinggalnya agar memenuhi syarat kesehatan dan keselamatan, serta membangun semangat kemanunggalan Kopassus dengan rakyat,” jelas Sabdono.

Sementara Kepala Desa Sraten Warsono dan Kepala Desa Kartasura , Kabupaten Sukoharjo memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas program rumah tinggal layak huni (RTLH) dari Grup 2 Kopassus.

"Program RTLH ini sungguh sangat bermanfaat sekali bagi yang menerimanya. Desa  Setren dan Kartasura. Dengan program RTLH dari Grup 2 Kopassus tersebut, Joko Raharjo, S.H mewakili masyarakat yang menerima tentunya sangat bersyukur sekali. "

Kades Kartasura, berharap kedepannya Grup 2 Kopassus dapat meneruskan program tersebut, meskipun dirinya tidak menjabat kades lagi.tuturnya.

Hal senada juga  Dikatakan Widi Santoso, bahwa bantuan RTLH ini semacam sebuah anugerah yang tidak disangka-sangka bakal memiliki tempat tinggal untuk dihuni. "Masyarakat yang menerima bantuan ini tentu merasakan sebuah anugerah luar biasa," kata Widi.

Widi berharap, bantuan RTLH ini dapat selalu mendekatkan hubungan antara Kopassus dengan rakyat. "Grup 2 Kopassus selalu dihati masyarakat Sukoharjo, karena Kopassus begitu besarnya memberikan perhatian terutama program bantuan RTLH," ucap Widi.

Mata Sarmi Harjo Taruno (86) berkaca-kaca. Bibirnya seolah tak mampu berbicara sehingga senyum bahagia yang tersungging ketika Kol Inf Sabdono Budi Wiryanto, S.E beserta Prajurit mengunjungi rumahnya, rabu 5 Oktober 2022.

Ibu 3 anak warga Desa Kartosuro, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo yang sehari-hari hanya bisa tinggal di rumah itu tidak menyangka rumahnya yang tidak layak huni di rehap total sama Grup 2 Kopassus.

Sebelumnya rumah Sarmi Tidak hanya kondisi luar yang memprihatinkan, bagian dalamnya pun minimalis. Tak ada sekat pemisah ruangan. Hanya terdapat sebuah dipan tempat tidur, lemari pakaian, dan meja tamu sekaligus untuk tempat makan, serta kompor  untuk memasak.(arw)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelaksanaan Program Unggulan Kopassus  (RTLH) di Grup 2 Kopassus Wujud Teritorial

Trending Now

Iklan