Iklan

PPP Beberkan Kriteria Capres yang Bakal Diusung KIB

warta pembaruan
19 November 2022 | 12:19 PM WIB Last Updated 2022-11-19T05:19:54Z

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi meminta jangan ada pihak yang mendikte presiden soal siapa sosok Kepala Otorita IKN yang akan ditunjuk. "Presiden enggak usah didikte siapa sosok yang akan ditunjuk sebagai kepala otorita," kata pria yang akrab disapa Awiek kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Jakarta, Wartapembaruan.co.id – Tim kecil yang terdiri dari Golkar, PPP, dan PAN sedang membahas kriteria calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengungkap sejumlah kriteria calon presiden yang bakal diusung KIB. Elektabilitas bukan menjadi yang nomor satu.

“Sebenarnya kriteria umum yang dimiliki KIB, pertama adalah integritas. Kedua, memiliki kapabilitas atau kemampuan,” ungkap politikus yang akrab disapa Awiek kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Syarat berikutnya adalah tokoh yang diusung memiliki komitmen keummatan dan kerakyatan.

“Karena itu nanti kebijakan yang dihasilkan tentu pro rakyat,” ujar Awiek.

Namun, perlu diakui bahwa elektabilitas juga menjadi bagian penting kriteria calon presiden yang diusung. Selain itu, kata Awiek, calon presiden harus memiliki pengalaman memimpin.

“Selanjutnya adalah pengalaman, pengalaman memimpin, tentu bukan pengalaman sebagai Presiden. Pengalaman memimpin bisa partai, berorganisasi, birokrasi, kepala daerah, pemerintahan atau menteri,” jelas wakil ketua Baleg DPR RI ini.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPP Beberkan Kriteria Capres yang Bakal Diusung KIB

Trending Now

Iklan