Iklan

Hari Migran Internasional 2022, Kemnaker: "PMI Bangkit Bekerja, Indonesia Jaya"

warta pembaruan
17 Desember 2022 | 6:03 PM WIB Last Updated 2022-12-17T11:03:55Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Setiap tanggal 18 Desember, Indonesia dan Negara-negara Dunia memperingati Hari Migran Internasional (International Migrant Day). Untuk tahun ini, Kementerian Ketenagakerjaan mengusung tema Pekerja Migran Indonesia Bangkit Bekerja, Indonesia Jaya.

"Maksud dan makna tema ini adalah kita berharap pada kondisi yang sudah mulai pelan-pelan normal ini, para pekerja migran Indonesia (PMI) kita mempunyai semangat bangkit untuk bekerja yang akhirnya berdampak pada kejayaan bangsa dan negara yang kita cintai ini," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (17/12/2022).

Ida menjelaskan, puncak peringatan Hari Migran Internasional tahun 2022 akan berlangsung di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). "Dipilihnya NTB sebagai tuan rumah peringatan Hari Migran Internasional mengingat NTB merupakan salah satu provinsi kantong PMI," jelas Ida.

Dalam pelaksanaannya, peringatan Hari Migran Internasional dilaksanakan secara hybrid yang melibatkan seluruh stakeholders di bidang penempatan PMI. Mulai dari Calon PMI, PMI purna, keluarga PMI, Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), hingga Perwakilan RI di 12 negara penempatan.

Selain itu, dalam peringatan Hari Migran Internasional tahun 2022 juga akan dilangsungkan Indonesian Migrant Worker Awards (IMWA), sebagai apresiasi bagi instansi, badan, dan perseorangan yang terlibat aktif dalam proses migrasi.

"Pada hakikatnya peringatan ini bukan hanya sebatas perayaan, namun juga meneguhkan kembali komitmen dan memperkuat peran seluruh stakeholders dalam mewujudkan proses migrasi yang aman bagi para PMI," pungkas Menaker Ida Fauziyah. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Migran Internasional 2022, Kemnaker: "PMI Bangkit Bekerja, Indonesia Jaya"

Trending Now

Iklan