Iklan

Karolin Resmikan Klinik Konsultasi Agribisnis BPP Sebangki

warta pembaruan
09 Desember 2022 | 8:49 PM WIB Last Updated 2022-12-09T13:49:47Z


Landak, Kalbar, Wartapembaruan.co.id
--Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Landak Karolin Margret Natasa yang didampingi Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, Camat Sebangki, Kapolsek Sebangki, Danramil Sengah Temila dan Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sebangki meresmikan Klinik Konsultasi Agribisnis (Klik Si Agri) BPP Sebangki yang bertempat di Kantor BPP Sebangki, Kecamatan Sebangki, jum'at (09/12/22).


Karolin mengatakan bahwa dengan adanya Klik Si Agri BPP Sebangki tersebut diharapkan menjadi tempat konsultasi petani dan masyarakat budidaya, pertanian, perikanan dan peternakan serta membantu promosi produk-produk unggulan petani.

"Dengan adanya klinik ini, jadi seandainya kedepan ada persoalan, jangan takut untuk berkonsultasi agar para petani bisa mendapatkan solusi dan informasi yang tepat, dan yang terpenting masyarakat bisa menjual produk mereka disini," ucap Karolin.

Selain meresmikan Klinik Konsultasi Agribisnis BPP Sebangki, HKTI Kabupaten Landak juga memberikan sosialisasi dan penyuluhan pertanian yakni pengendalian hama terpadu dengan menggunakan bahan-bahan alami atau organik.

"Saya hanya mengingatkan kembali mungkin para petani sudah ada yang menggunakan pestisida organik ini, tetapi yang terpenting bahan-bahannya ini ada disekitar kita dan biayanya juga murah, serta pestisida organik juga tetap dapat meningkatkan produksi pertanian," ungkap Karolin.


Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa juga memberikan buku saku pengembalian hama terpadu, hal ini dikarenakan agar para petani dapat mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat pestisida organik.


"Ada di beberapa tempat ada yang menggunakan buah sokma atau buah bintaro yang sudah dipotong-potong kemudian disebar ternyata bisa untuk mengusir tikus, dan di Sebangki ini tadi hamanya keong mas, bisa kita gunakan pestisida dari akar pinang. Yang terpenting dengan penyuluhan ini para petani bisa memetakan hama apa yang ada sawahnya," pesan Karolin.

Sumber:Doris Pardede kompas tv.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Karolin Resmikan Klinik Konsultasi Agribisnis BPP Sebangki

Trending Now

Iklan