Iklan

Noven Honarius Korwil XIV GMKI Kalbar Resmi Demisioner : Pemuda Yang Memberi Teladan Kerja Nyata

warta pembaruan
03 Desember 2022 | 9:57 PM WIB Last Updated 2022-12-03T14:57:51Z


Pontianak, Kalbar, Waetapembaruan.co.id
-- Kongres Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ke-XXXVIII yang berlangsung di Tana Toraja, Sulawesi Selatan dari tanggal 22 November-02 Desember 2022 telah selesai dilaksanakan dengan penuh hikmat dan berjalan lancar.

Pada saat kongers berakhir, maka seluruh Pengurus Pusat GMKI Masa Bakti 2020-2022 secara resmi dinyatakan demisioner dan tuntas melaksanakan kewajibannya selama 2 tahun. Salah satu Pengurus Pusat GMKI yang demisioner itu ialah Koordinator Wilayah (Korwil) XIV Kalimantan Barat, Noven Honarius, S.Th.

Noven Honarius, Pemuda Inspiratif yang berasal dari Desa Nanga Masau, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang ini adalah sosok yang berdedikasi tinggi terhadap panggilan tugas pelayanan di GMKI. Perjalanan Noven memulai karir organisasi di GMKI pada tahun 2017, dimana pada waktu itu mengikuti Masa Perkenalan (Maper) sebagai kegiatan perekrutan anggota baru GMKI Cabang Pontianak. Setahun kemudian, tepatnya tahun 2018, Noven mendapatkan panggilan untuk melayani sebagai Badan Pengurus Cabang (BPC) GMKI Pontianak Masa Bakti 2018-2020, sebagai Sekretaris Fungsional Bidang Aksi dan Pelayanan. Dua tahun berjalan kepengurusan di GMKI Cabang Pontianak, pada tahun 2020, Pemuda yang sehari-hari akrab disapa Noven ini kembali panggilan pelayanan, kali ini di Pengurus Pusat dan dipercayakan oleh cabang-cabang yang ada di Kalimantan Barat sebagai Koordinator Wilayah XIV Kalimantan Barat Masa Bakti 2020-2022.

Noven Honarius menilai bahwa tugas dan panggilan yang ia emban tersebut harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, semangat, sukacita, dan rela berkorban untuk menciptakan dan menghasilkan kader-kader GMKI yang berjiwa Oikumenis dan Nasionalis. Karena GMKI dikenal juga sebagai organisasi eksternal Mahasiswa Kristen terbesar di Indonesia yang menjunjung tinggi nilai Kristiani serta anak kandung gereja ini wajib menjalankan pelayanannya di Tiga Matra, yaitu Gereja, Perguruan Tinggi dan Masyarakat serta menerapkan Tri Panji, yaitu Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian.

Selama menjadi Pengurus Pusat GMKI, Koordinator Wilayah XIV Kalimantan Barat Masa Bakti 2020-2022, Noven Honarius menorehkan berbagai prestasi gemilang di Bumi Khatuliswa, adapun prestasi tersebut adalah dengan melahirkan 2 cabang baru, yaitu GMKI Cabang Landak dan GMKI Cabang Melawi. Sebelumnya di Kalimantan Barat GMKI sudah punya 3 cabang, yaitu cabang Pontianak sebagai cabang sentral dan tertua di Kalbar, kemudian diikuti oleh cabang Sintang, dan cabang Bengkayang. Jadi total keseluruhan GMKI cabang yang tersebar di Kalbar yaitu 5 cabang.

Noven Honarius pun menaruh harapan besar untuk Korwil selanjutnya yang baru dapat meneruskan prestasi yang ia sudah buat dan kalau bisa dapat melebihi pencapaian sebelumnya dengan melahirkan GMKI cabang-cabang baru di setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Kalbar sebagai upaya representatif mahasiswa Kristen untuk menyalurkan aspirasi dan menjalankan pelayanan bernuansakan nilai-nilai Kristen seperti yang diajarkan oleh Sang Kepala Gerakan, Tuhan Yesus Kristus. Tidak hanya sampai disitu, GMKI juga dapat menjadi mitra kerjasama dengan semua pihak dalam melaksanakan pembangunan daerah dan nasional serta mitra kritis yang peka dan responsif terhadap isu-isu yang terjadi di kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai penutup, adapun kata motivasi yang disampaikan oleh Noven Honarius, sebagai berikut: "Karakter bukan diajarkan lewat teori dan perkataaan. Karakter diajarkan dengan teladan dan kerja nyata, Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian".

Sumber:Pengurus Pusat GMKI, Koordinator Wilayah XIV Kalimantan Barat Masa Bakti 2020-2022, Noven Honarius menorehkan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Noven Honarius Korwil XIV GMKI Kalbar Resmi Demisioner : Pemuda Yang Memberi Teladan Kerja Nyata

Trending Now

Iklan