Iklan

Oknum Ketua LSM di Babel Sebut Wartawan Bodrex, Edi Warsito : Jika Memenuhi Unsur, Kami Tempuh Jalur Hukum

warta pembaruan
02 Januari 2023 | 10:47 AM WIB Last Updated 2023-01-02T03:47:04Z


Pangkal Pinang, Wartapembaruan.co.id
-- Ketua Forum Pers Independent Indonesia  (FPII)  Setwil Bangka Belitung (Babel) Edi Warsito, SH  mengecam keras,  menentang dan bersikap menolak atas adanya  pernyataan seorang petinggi LSM di daerah itu yang  menyudutkan profesi wartawan, dengan menyebut adanya Golongan Wartawan Bodrex.

Sebelumnya, sempat viral  pemberitaan media setempat yang bersumber dari statement yang dilontarkan Ali Hartono,  salah seorang  pimpinan LSM di Kabupaten Bangka Barat, dengan menyebut adanya Golongan Wartawan Bodrex atau wartawan abal-abal.

Menurut Edi Warsito, Jurnalis atau  wartawan mengemban fungsi sosial kontrol, makanya jangan ada pihak yang   kerap kali  membenturkan dengan kepentingan pribadinya, lalu menyebut  wartawan  dengan Istilah wartawan abal-abal, wartawan Bodrex atau  sejenisnya.

"Menggolongkan jurnalis dengan istilah wartawan bodrex atau wartawan abal-abal, jelas  bertujuan memberikan tekanan kepada para jurnalis dalam menjalankan fungsi kontrol sosial," tegas Edi Warsito kepada sejumlah awak jaringan media FPII dikediamannya dibabel, Minggu (1/1/2023).

"Kami  keluarga besar FPII Setwil Babel, menolak dan mengecam  tudingan  dengan istilah wartawan Bodrex,  tolong buktikan kebenarannya," rukas Edi Geram.

Edi Warsito menyatakn sangat menyayangkan statement itu dilontarkan oleh seorang petinggi LSM.

"Statement itu terindikasi penghinaan,  untuk itu  kami bersama Kawan kawan wartawan meminta Ali Hartono buka ke publik untuk membuktikan kebenarannya," pinta Edi.

Edi Warsito yang juga merupakan Kepala Perwakilan Media FPII Cyber itu menambahkan, wartawan dalam menjalankan profesinya,  dibekali   surat tugas dari Redaksi medianya dan pastinya dalam pemberitaan pun wartawan diwajibkan menjunjung tinggi kode etik serta di lindungi UU Pers.

"Saya sarankan, saudara Ali Hartono  jangan asal bicara,  saat ini hampir seratus  lebih  wartawan di Babel minta Ali Hartono segera buktikan, dan buka siapa yang dia maksud wartawan bodrex," tukasnya.

Edi Warsito  menilai, starement Ali Hartono telah  mencoreng dan mencemarkan profesi jurnalis.

"Jika ini tidak bisa di buktikan, dan apabila memenuhi unsur maka kami sepakat akan bawa ini ke jalur hukum" tutup Edi Warsito.

(Eric_FPII)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Oknum Ketua LSM di Babel Sebut Wartawan Bodrex, Edi Warsito : Jika Memenuhi Unsur, Kami Tempuh Jalur Hukum

Trending Now

Iklan