Iklan

Menaker Ajak Perempuan Manfaatkan BLK Tingkatkan Kompetensi Jadi Wirausaha

warta pembaruan
06 Maret 2023 | 9:29 AM WIB Last Updated 2023-03-06T02:29:54Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak para perempuan agar meningkatkan skill dan kompetensinya sehingga memudahkan mereka diterima di pasar kerja atau menjadi wirausaha.

Pasalnya, menurut Menaker, salah satu tantangan ketenagakerjaan saat ini adalah rendahnya tingkat pendidikan SDM Indonesia, khususnya perempuan.

"Rata-rata pendidikannya SMP ke bawah, dan ini jumlah perempuan lebih banyak. Jadi saya mengajak teman-teman perempuan membekali diri dengan skill dan kompetensi," ujar Menaker saat menghadiri Soft Launching dan Fashion Show Wastra Nusantara Collaboration Project Albis Group X Olla on Ethnic, Minggu (5/3/2023) di Jakarta.

Menaker mengatakan, dalam meningkatkan kompetensi, para perempuan bisa mengikuti pelatihan vokasi yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK). Pelatihan vokasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendidikan formal di antaranya, pelatihan vokasi memiliki durasi waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan pendidikan formal dan pelatihan vokasi berbasis demand driven (sesuai dengan kebutuhan industri).


"Menempa mereka melalui pelatihan vokasi karena tidak mengenal usia dan waktunya pendek. Jadi memungkinkan bagi teman-teman perempuan untuk meningkatkan kompetensi melalui pelatihan vokasi," kata Menaker.


"Teman-teman perempuan susah nyari kerja karena kompetensinya tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja atau tidak sesuai dengan skill untuk menjadi wirausahawan, tetapi kalau mereka dibekali skill dan kompetensi, mau jadi wirausahawan mau masuk ke pasar kerja itu tidak ada hambatan," pungkas Menaker Ida Fauziyah. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menaker Ajak Perempuan Manfaatkan BLK Tingkatkan Kompetensi Jadi Wirausaha

Trending Now

Iklan