Iklan

Antisipasi Lonjakan Arus Balik, Pos PAM Lebaran Siap Berlakukan Buka Tutup Rest Area 360B Batang

warta pembaruan
26 April 2023 | 12:58 PM WIB Last Updated 2023-04-26T05:58:30Z


BATANG, Wartapembaruan.co.id
- Antisipasi lonjakan pemudik saat arus balik, petugas keamanan Pos Pengamanan lebaran di Rest Area 360B ruas Tol Semarang-Batang akan melakukan rekayasa lalu lintas yaitu sistem buka tutup.

Demikian diungkapkan Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun melalui Kapos PAM Rest Area 360B, Iptu Sugiyana saat ditemui pada Selasa (25/4/2023) sore.

"Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas, yakni buka tutup rest area apabila sudah penuh dan tidak ada tempat parkir untuk mengurai kepadatan pengunjung arus balik yang akan menuju Jakarta maupun Jawa Barat, di Rest Area 360B ini," terangnya.

Namun kendati demikian, kata dia, hingga saat ini jumlah pengunjung yang masuk masih dalam tahap aman dan terkendali. "Hingga hari ini Selasa, belum ada peningkatan yang signifikan, rata-rata para pengunjung hanya singgah sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan," ujarnya.

"Secara umum, artinya arus lalu lintas masih dapat dikelola dengan baik dan masih landai," tandasnya.

Secara keseluruhan kata Iptu Sugiyana, sejak diberlakukan sistem one way dari arah Semarang menuju Jakarta, arus lalu lintas dikawasan tersebut ramai lancar. "Tahun ini kebanyakan pemudik sudah mengetahui jauh-jauh hari sistem one way, jadi mereka sudah mengantisipasinya," bebernya.

Ditanya soal gangguan kemaanan di rest area tersebut, Iptu Sugiyana mengaku tidak ada. "Belum ada, dan jangan sampai ada ya. Hingga saat ini gangguan seperti pencurian, copet, atau tindakan kriminalitas di Rest Area ini nihil, hanya ada gangguan sedikit seperti kecelakaan kecil yang tidak menimbulkan korban jiwa," tukasnya.

Namun demikian, Ia tetap mengimbau agar masyarakat atau pengunjung di Rest Area 360B, selalu berhati-hati dan waspada. "Tindak kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, imbauan kami, jangan sampai lengah, jika membawa barang berharga simpanlah di tempat yang aman dan tidak usah menggunakan perhiasan yang mencolok," imbaunya.

Para pengendara juga diharapkan tetap menjaga kestabilan kecepatan dalam berkendara. Apabila merasa lelah dapat beristirahat di rest area yang disiapkan.

"Kami juga menyediakan layanan kesehatan, jika mengalami kendala seperti kecapaian atau mungkin sakit, akan kami layani dengan baik. Kemudian jika memang kecapean atau kelelahan silahkan sitirahat di posko kami. Terakhir, jangan sampai ada yang ketinggalan barang-barang bawaan, cek kembali sebelum berangkat termasuk juga anak-anak ini sering ketinggal," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Lonjakan Arus Balik, Pos PAM Lebaran Siap Berlakukan Buka Tutup Rest Area 360B Batang

Trending Now

Iklan