Iklan

Keluarga Besar Korem 042/Gapu Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H

07 April 2023 | 11:38 PM WIB Last Updated 2023-04-07T16:38:05Z


Wartapembaruan.co.id, Jambi - Peristiwa Nuzulul Qur’an merupakan hari peringatan waktu diturunkannya wahyu Allah SWT (Al-Qur’an) kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril ke bumi yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadan.

Korem 042/Gapu memperingati Nuzulul Qur’an 1444 H di Masjid At Taqwa Makorem Jl. Jend Urip Sumoharjo Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi pada Jumat (7/4/2023). Peringatan Nuzulul Qur’an ini juga diisi tausiyah yang dibawakan oleh Ustadz H. Muhamad Ali.

Ustadz H. Muhamad Ali mengajak umat Islam agar menjadikan peringatan Nuzulul Qur’an ini sebagai momentum untuk mengingatkan kembali dan merefleksi diri dalam mengimani, membaca, mentadabbur atau, memahami isi kandungan Al Qur’an, mengamalkan dalam bentuk sikap dan perbuatan dan terakhir menyampaikannya kepada seluruh umat muslim.

Al-Qur’an diturunkan kepada Rasulullah SAW secara bertahap, ayat demi ayat, dan surat demi surat. Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Peringatan Nuzulul Qur’an menjadi momentum untuk memahami pesan di dalam Al Qur’an serta mengamalkannya sebagai pedoman untuk membangun peradaban yang lebih unggul, maju, dan mulia.

“Malam Nuzulul Qur'an merupakan salah satu malam penting bagi pemeluk agama Islam di kala bulan suci Ramadan. Ini merupakan malam diturunkannya Al-Quran untuk kali pertama, melalui perantara Malaikat Jibril,” imbuhnya.

Peristiwa Nuzulul Quran menjadi titik penting dalam kehidupan Rasulullah SAW dan Al-Quran sendiri menjadi mukjizat terbesar Rasulullah SAW. Memperbanyak sholat malam adalah amalan baik yang diamalkan pada malam Nuzulul Quran, selanjutnya memperbanyak doa sesuai hajat adalah juga bagian dari amalan pada malam Nuzulul Quran, tutur Ustadz H. Muhamad Ali.

Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini diikuti Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Wiwik Supriono, Kasrem 042/Gapu, para Kasi Korem dan Wakil ketua Persit beserta Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 042.

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an yng digelar oleh Korem 042/Gapu ini merupakan upaya mengingatkan peran penting Al-Qur’an sebagai tuntunan dalam menerangi kehidupan manusia.

“Semoga peringatan Nuzulul Qur’an pada Ramadhan 1444 H, membawa perubahan yang signifikan di tengah kondisi masyarakat yang sedang mengalami berbagai macam cobaan. Kegiatan ini bentuk keseriusan Korem 042/Gapu dalam mewujudkan Provinsi Jambi yang diberkahi maju dan sejahtera, jadikanlah momentum ini untuk merefleksi diri untuk berubah lebih baik lagi kedepannya,” harapnya.


Sumber : Penrem 042/Gapu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keluarga Besar Korem 042/Gapu Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H

Trending Now

Iklan