Iklan

Keluarga Besar Universitas Islam Sumatera Utara Gelar Nuzulul Qur'an 1444 H

09 April 2023 | 2:46 PM WIB Last Updated 2023-04-09T07:46:49Z


Medan, Wartapembaruan.co.id—Keluarga Besar Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar peringatan Nuzulul Qur'an 1444 Hijriah, yang dirangkai dengan Khataman Alqur'an, Sabtu, 8 April 2023, di Mesjid Jami Almunawarah, Kampus UISU SM Raja Medan.

Dalam sambutannya di acara yang mengangkat tema "Dengan semangat Nuzulul Qur'an dan tilawah kita amalkan isi menjadi modal utama menuju UISU unggul" Ketua Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(k)., FICD. menjelaskan, sejak 17 Mei 2022, UISU membentuk grup tilawah. "Anggotanya merupakan warga dari UISU sendiri dan setiap warga bisa mengamalkan pembacaan ayat suci Alqur'an ini dimana saja, baik di rumah maupun saat ada kesempatan istrirahat ketika bekerja," urainya.

Ditambahkan Prof Ismet, dengan jangka waktu hampir satu tahun tersebut, para kelompok tilawah keluarga besar UISU, sudah ada 106 kelompok yang mengkhatamkan Alqur'an.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, dimana 106 kelompok ini sudah berhasil mengkhatamkan Alqur'an di sela kesibukannya yakni bersama-sama mewujudkan UISU unggul," ujar Prof. Ismet yang juga bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja ini.

Dijelaskan Prof. Ismet, di awal pembentukannya, tilawah yang bergabung hanya sebanyak 30 kelompok dan berkembang menjadi seperti sekarang ini. 

"Dan selalu diakhir khatamannya, para kelompok ini selalu berdoa agar UISU, tetap maju, aman dan menjadi pelopor dalam pendidikan, dimana UISU sebagai universitas terlama di luar pulau Jawa, sebagai mana cita-cita para pendiri di tahun 1951 lalu," tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi tinggi atas kegiatan yang mengedepankan syiar Islam yang selama ini dilakukan UISU.

"Seperti yang kita ketahui, ayahanda dari Ketua Yayasan adalah sosok pencipta lagu Panggilan Jihad. Ini sudah menegaskan kalau UISU sendiri sangat concern dengan syiar Islam di Indonesia khususnya di Sumut," ujarnya.

Selain itu, Gubsu juga berpesan kepada seluruh elemen yang ada di UISU untuk tetap bersatu dan jangan saling bersitegang untuk mewujudkan UISU unggul.

Sedangkan Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang sampai saat ini sangat fokus untuk mewujudkan UISU unggul baik dari segi pendidikan maupun syiar Islam.

"Dengan apa yang disampaikan Ketum Yayasan dengan banyaknya kelompok tilawah yang sudah mengkhatamkan Alqur'an, ini menunjukkan fokus dan tujuan kita semua untuk meraih predikat UISU unggul sudah semakin nyata. Diharapkan sinergi semua pihak bisa terus terjaga dan cita-cita para pendiri untuk menjadikan UISU unggul bisa segera terwujud," ujarnya.

Dalam kegiatan yang diketuai, H. Ikrom Helmi Nasution SH dan Dr. H. Danialsyah SH, MH ini turut hadir, Pembina Yayasan UISU, Ir. Rizal Fahmi Nasution dan Drs. Haris Bahrum Jamil, serta Pengawas Yayasan UISU, H. Sopyan SH

Selain itu, hadir juga para pengurus Yayasan UISU seperti H. Saiful Jihad ST, Ir. Armansyah ST dan Prof, Dr. Ir. H. Mhd Assad, M.Si, serta para dekan, wakil dekan dan dosen UISU. 

Puncak acara Peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H dan Khataman Al Qur'an kali ini diisi dengan tausyiah oleh Al Ustadz Dr. H. Hasbi Al Mawardi Lubis, MA. 

(Novian)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keluarga Besar Universitas Islam Sumatera Utara Gelar Nuzulul Qur'an 1444 H

Trending Now

Iklan