Iklan

Kalahkan Kamboja 2-1, Timnas Sepak Bola Indonesia SEA Games Juara Grup A

warta pembaruan
10 Mei 2023 | 11:13 PM WIB Last Updated 2023-05-10T16:13:43Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
– Timnas sepak bola Indonesia mengalahkan tuan rumah  Kamboja pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A SEA Games 2023 di Olympic National, Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023) malam. Ini adalah kemenangan keempat, dan Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara grup dengan nilai 12.

Sebelumnya, Indonesia mengalahkan Filipina 3-0, Myanmar 5-0, dan Timor Leste 3-0. Sebagai juara Grup A, di semifinal Indonesia akan melawan runner up Group B, yaitu Thailand atau Vietnam yang masih akan bertanding Kamis (11/5/2023).

Pada pertandingan melawan Kamboja, Indonesia menguasai permainan di babak pertama, dan menciptakan gol pertama melalui Titan Agung pada menit ke-10. Gol tercipta diawali crossing Muhammad Haykal yang kemudian disundul Jeam Sroyer. Sundulan Sroyer berhasil ditepis kiper Kamboja Reth Lyheng. Namun bola muntah berhasil disambar Titan Agung dan gol. Indonesia unggul 1-0.

Sepanjang babak pertama Indonesia terus melakukan tekanan ke pertahanan Kamboja, namun selalu gagal akibat terburu-buru dan rapatnya barisan pertahanan Kamboja.

Bahkan pada menit akhir babak pertama, Kamboja berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui skema tendangan penjuru. Bola tendangan sudut Kamboja berhasil disundul Sin Sovannamakara, dan skor menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua, timnas U22 Indonesia kembali unggul 2-1 pada menit ke-52 melalui tendangan kaki kiri Beckham Putra Nugraha, dan berhasil menembus gawang Kamboja.

Kamboja yang tidak ingin kalah di hadapan puluhan ribu pendukungnya mulai bermain menekan, dan pertandingan berjalan dengan sedikit keras. Dalam satu serangan, penyerang Kamboja dijatuhkan Muhammad Ferrari di kotak penalti, dan menghasilkan tendangan penalti untuk Kamboja pada menit ke-80.

Namun tendangan penalti Lim Pisoth berhasil digagalkan kiper Muhammad Adi Satryo. Sayangnya, Adi Satryo harus mengalami cedera setelah berbenturan dengan pemain Kamboja yang ingin memanfaatkan  bola muntah tendangan penalti. Adi akhirnya diganti oleh Ernando Ari.

Dari Grup A, Indonesia ditemani Myanmar yang menjadi runner up setelah pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Filipina 1-0. Myanmar memiliki nilai 9 dan di semifinal akan menghadapi juara Grup B.

Susunan pemain:

Indonesia: 1-Muhammad Adi Satryo; 3-Ilham Rio Fahmi, 16-Muhammad Ferarri, 15-Taufany Muslihuddin, 13-Mohammad Haykal Alhafiz; 4-Komang Teguh Trisnanda, 18-Titan Agung, 10-Beckham Putra; 11-Jeam Kelly Sroyer, 17-Irfan Jauhari, 8-Witan Sulaeman.

Kamboja: 21-Reth Lyheng; 9-Sieng Chanthea, 3-Taing Bunchhai, 4-Soeuth Nava, 5-Chou Sinti; 6-Ny Sokry, 7-Lim Pisoth, 10-Nhean Sosidan; 13-Chan Sarapich, 14-Sin Sovannmakara, 20-Koeuth Pich. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalahkan Kamboja 2-1, Timnas Sepak Bola Indonesia SEA Games Juara Grup A

Trending Now

Iklan