Iklan

Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam, Kesebelasan Indonesia Ke Final SEA Games

warta pembaruan
13 Mei 2023 | 7:16 PM WIB Last Updated 2023-05-13T12:16:18Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
- Kesebelasan Indonesia secara dramatis melaju ke babak final SEA Games 2023 setelah di babak semifinal di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023), mengalahkan Vietnam 3-2. Kemenangan itu diraih setelah Indonesia bermain dengan 10 pemain karena Pratama Arhan menerima kartu merah dan harus ke luar lapangan.

Drama pertandingan Indonesia Vietnam sangat menegangkan. Meskipun Vietnam menguasai permainan dan berkali-kali mengancam gawang Indonesia, namun pola permainan Indonesia yang cepat dan langsung beberapa kali menghasilkan ancaman yang berbahaya.

Indonesia unggul 1-0 menit ke-10 melalui sundulan tak terduga dari pemain belakang Komang Teguh yang memanfaatkan lemparan bola dari Pratama Arhan yang langsung menuju ke kotak penalti Vietnam. Gerakan Komang Teguh tidak mampu dibaca lawan, sehingga bola sundulannya tak tertahan menembus gawang Vietnam yang dijaga Quan Van Chuan. 

Tertinggal 0-1, Vietnam langsung bereaksi dan berkali-kali mengancam gawang Indonesia. Serangan bergelombang Vietnam akhirnya membuahkan hasil menit ke-35 setelah sebuah umpan keras mendatar dari tengah berhasil disundul Nguyen Van Tung sambil membelakangi gawang. Bola meluncur deras melewati kiper Ernando Ari yang tidak menyangka bola akan meluncur deras menembus gawang.

Gol Van Tung membuat Vietnam semakin menggebu untuk terus menekan Indonesia. Namun pertahanan berlapis Indonesia berhasil memblok setiap serangan Vietnam. Meskipun Indonesia sesekali melakukan serangan balik, namun juga gagal membahayakan gawang Vietnam.

Pada babak kedua, dua pergantian dilakukan pelatih Indra Sjafri, dengan memasukkan Muhammad Taufany menggantikan Ananda Raehan dan mengganti Komang Teguh dengan Muhammad Ferari di jantung pertahanan. 

Pertandingan berlangsung semakin menegangkan dan Indonesia kembali unggul 2-1 menit ke-53 melalui tendangan Marselino Ferdinan yang kemudian berbelok arah karena mengenai kaki Muhammad Ferari. Kiper Vietnam sulit membaca arah bola yang secara tiba-tiba berbelok arah. 

Vietnam yang tertinggal kemudian meningkatkan tekanannya ke pertahanan Indonesia. Pertandingan yang semakin memanas, membuat kedua pemain seringkali berbenturan, bahkan hampir memicu keributan antar-pemain. Puncaknya menit ke-61 ketika Pratama Arhan berusaha mengganjal pemain Vietnam, dan harus menerima kartu merah dan dikeluarkan wasit. 

Dengan tekanan yang semakin keras, dan Indonesia harus bermain dengan 10 pemain, para pemain harus berjuang keras mengamankan pertahanan. Meskipun berkali-kali berhasil membendung serangan, namun pada menit ke-79 Vietnam berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Bagas Kaffa yang berusaha membuang bola di depan gawang, justru bola mengarah ke gawang, sementara Ernando Ari sama sekali tidak menduga bola dari Bagas Kaffa mengarah ke gawang. Skor 2-2.

Dengan kondisi kelelahan dan bermain dengan sepuluh pemain, Indonesia mencoba untuk bertahan. Ketika semua orang berpikir pertandingan normal 90 menit akan berakhir dengan skor imbang 2-2 dan kemudian akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2x15 menit, pada menit 90+5, sebuah serangan balik dari sisi kiri pertahanan Vietnam berhasil menembus pertahanan. Muhammad Taufany yang menerima bole di luar kotak penalti, berhasil mengecoh seorang pemain Vitnam, dan melakukan tendangan mendatar ke kanan gawang Vietnam, masuk. Skor 3-2 untuk Indonesia.

Sisa waktu selama tiga menit, Vietnam berusaha menyamakan kedudukan, namun wasit akhirnya meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Indonesia ke final dan akan men unggu lawan antara THailand dan Myanmar.

Timnas Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi;Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda (M. Ferari), Ananda Raehan (M. Taufany), Pratama Arhan; Marselino Ferdinan (Haykal), Witan Sulaeman (Rio Fahmi), Fajar Fatur Rachman, Ramadhan Sananta (Irfan Jauhari). Pelatih: Indra Sjafri

Vietnam: Quan Van Chuan; Phan Tuan Tai, Tran Quang Thing, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Minh Trong, Nguyen Duc Phu. Pelatih: Philippe Trousser. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam, Kesebelasan Indonesia Ke Final SEA Games

Trending Now

Iklan