Iklan

Pangdam II/Sriwijaya Tanam Pohon Mangrove Di Pesisir Pantai Tanjab Timur

16 Mei 2023 | 8:00 AM WIB Last Updated 2023-05-16T01:00:01Z


Wartapembaruan.co.id, Jambi - Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., melaksanakan  penanaman pohon mangrove bertempat di Pesisir Pantai Dusun Sukanegara Desa Lambur Luar Kec. Muara Sabak Timur Kab. Tanjab Timur. Senin sore (15/05/2023).

Acara ini turut dihadiri juga oleh Gubernur Provinsi Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono, M.S.I, dan para Danrem jajaran Kodam II/Swj.

Pangdam II/Swj pada sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Tanjung Jabung Timur Beserta  Forkopimda,  sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Oleh Jajaran TNI Di Seluruh Wilayah Indonesia Tahun 2023.

Kegiatan penanaman mangrove yang kita laksanakan hari ini, merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara TNI dengan kementerian kelautan dan perikanan, tentang penguatan ketahanan pangan dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan, serta Nota Kesepahaman antara TNI dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan tentang pelaksanaan Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak oleh jajaran TNI diseluruh Indonesia. 

Untuk wilayah Kodam II/Swj Penanaman Manggrove dilaksanakan di 16 Kodim dengan jumlah bibit sebanyak 38.440 pohon. Hal ini didasari atas semakin berkurangnya ekosistem mangrove, sehingga menjadi perhatian serius berbagai pihak, termasuk TNI.

Kita semua menyadari bahwa, keberadaan mangrove memainkan peranan penting dalam mengatasi dampak negatif yang diakibatkan oleh Rob. Selain itu pohon mangrove juga berfungsi sebagai pelindung wilayah pesisir.

Kerusakan mangrove di wilayah pesisir diakibatkan oleh tingginya pencemaran yang disebabkan oleh limbah  rumah  tangga,  limbah  cair dan limbah industri. Limbah cair seperti detergent dan tumpahan minyak di perairan dapat menyebabkan berkurangnya difusi oksigen dan udara, sehingga mengganggu respirasi akar mangrove. 

Saya harapkan, rehabilitasi melalui penanaman pohon mangrove ini dapat memberikan kontribusi signifikan, dalam melestarikan keaneka-ragaman hayati, sehingga selain berpotensi menjadi daerah resapan air juga menjadi objek wisata lingkungan yang menarik.

TNI mendukung dan menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang selama ini telah aktif melakukan rehabilitasi  mangrove, baik dari unsur Pemerintah, Perguruan Tinggi, Swasta,    Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Elemen Masyarakat.

Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dalam upaya pemulihan kawasan mangrove, berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lingkungan dan perekonomian  di wilayah ini, serta mampu memberikan kontribusi positif guna mewujudkan lingkungan yang asri, nyaman dan lestari, termasuk mengantisipasi Dampak Negatif Perubahan Iklim (Climate Change).


Sumber : Penrem 042/Gapu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pangdam II/Sriwijaya Tanam Pohon Mangrove Di Pesisir Pantai Tanjab Timur

Trending Now

Iklan