Iklan

Pembukaan SEA Games Meriah, Flairene Candrea Bawa Bendera Merah Putih

warta pembaruan
05 Mei 2023 | 11:33 PM WIB Last Updated 2023-05-05T16:34:52Z


Phnom Penh, wartapembaruan.co.id
- Pembukaan Pesta Olahraga Multi-Event Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (SEA Games) ke-32/2023 di Stasion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat malam (5/5/2023) berlangsung meriah dan dihiasasi dengan permainan lampu warna-warni, sekaligus menampilkan kemegahan dan keindahan negeri yang dulu amat dikenal sebagai Kerajaan Khmer. 


Acara pembukaan olahraga terbesar di Asia Tenggara itu berlangsung penuh cahaya, dihadiri oleh lebih dari 60.000 penonton yang memenuhi Stadion Nasional Morodok. Berbagai atraksi silih berganti ditampilkan dengan latar belakang sejarah, budaya, dan nilai-nilai kekinian dari Negara Kamboja.

Penampilan sejarah dan budaya Angkor dari Kerajaan Khmer juga ditampilkan, termasuk kemegahan candi-candi, termasuk atraksi dan aksi para pahlawan olahraga bela diri tradisional Kamboja yang kini sudah dikenal dunia, yaitu Kun Bakator atau Kun Khmer.

Seluruh penampilan dan atraksi yang silih berganti di dalam stadion tersebut mendapat sambutan meriah dari penonton.

Dalam defile kontingen pembukaan SEA Games 2023, kontingen Indonesia diwakili oleh sekitar 50 atlet dan ofisial, dengan pembawa bendera Merah Putih adalah perenang putri Flairene Candrea Wonomiharjo yang mengenakan busana adat Bali. 

Sementara itu Ketua KOI (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, menjelaskan bahwa dalam ajang seremonial pembukaan SEA Games ke-32/2023 di Kamboja, selain membawa semangat sportivitas, Indonesia secara khusus juga akan membawa misi budaya, persahabatan, dan solidaritas. 

“Untuk pembukaan SEA Games, Komite Olimpiade Indonesia (NOC) dan Chef de Mission (CdM) Indonesia, Lexyndo Hakim, serta seluruh ofisial Indonesia akan membawa misi budaya. Jadi semua yang tampil akan menggunakan baju yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia," kata Okto yang mengenakan busana tradisional Bali. 


Pesta Olahraga Asia Tenggara 2023 diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam dan tuan rumah Kamboja. Ini untuk pertamakalinya Kamboja menjadi tuan rumah SEA Games yang akan berlangsung pada 5-17 Mei 2023.

Indonesia 599 Atlet

Indonesia sendiri mengirimkan 599 atlet ke SEA Games dan akan mengikuti 31 cabang olahraga, dengan target sebanyak 69 medali emas. Namun sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kontingen Indonesia untuk berjuang merebut lebih dari 69 medali emas dan menduduki urutan kedua atau setingkat lebih baik dibanding urutan tiga pada SEA Games 2021 di Vietnam.

"Saya hanya pesan di SEA Games Vietnam kita memperoleh medali 69 emas, dan peringkat kita di peringkat ke 3," kata Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (2/5/2023), ketika meresmikan kontingen Indonesia.

"Sekarang (di SEA Games Kamboja), mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3, piliannya hanya ada dua, peringkat 1 atau 2," kata Jokowi menambahkan.

Hingga Jumat malam (5/5/22023), dalam jumlah perolehan medali SEA Games, Indonesia baru mengantongi satu perak dan lima perunggu, semuanya dari cabang olahraga Kun Khmer, dan menduduki urutan ke-5, sedangkan Kamboja saat ini masih memimpin perolehan medali dengan jumlah lima emas dan empat perak.

Filipina, Thailand dan Laos berurutan di peringkat berikutnya. Filipina meraih dua emas, dua perak dan tiga perunggu, kemudian Thailand dengan satu emas, satu perak dan satu perunggu, dan Laos dengan satu emas dan satu perunggu. 

Myanmar meraih satu perak dan tiga perunggu, dan Vietnam dengan perolehan tiga perunggu, sedangkan empat negara, yaitu Brunei, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste masih belum memperoleh medali. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembukaan SEA Games Meriah, Flairene Candrea Bawa Bendera Merah Putih

Trending Now

Iklan