Iklan

Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Muara Enim Latih 52 Pencaker

warta pembaruan
26 Mei 2023 | 10:56 PM WIB Last Updated 2023-05-26T15:56:12Z


Muara Enim, Wartapembaruan.co.id
- Guna menekan angka pengangguran di Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melatih 52 orang pencari kerja (Pencaker) yang berasal dari berbagai kecamatan dalam kegiatan Pelatihan Operator Alat Berat, Elektronika Service AC dan Otomotif Driver di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Muara Enim, Jumat (26/5/2023).

Kadisnakertrans Kabupaten Muara Enim, Siti Herawati menerangkan, pelaksanaan pelatihan berdasarkan unit kompetensi ini dimulai pada 26 Mei s.d 24 Juni 2023 atau selama 30 hari untuk Pelatihan Otomotif Driver dan Elektronika Service AC sedangkan Pelatihan Operator Alat Berat pelaksanaannya 1 (satu) Bulan di Disnakertrans dan 5 (lima) bulan di Learning Center PT Satria Bahana Sarana selama 6 (enam) Bulan kedepan.

"Untuk peserta pelatihan ini sebanyak 52 (lima puluh dua) orang yang terdiri dari 20 (dua puluh) orang pelatihan Operator Alat Berat, 16 (enam belas) orang Otomotif Driver dan 16 (enam belas) orang Elektronika Service AC yang berasal dari berbagai Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim," terang Siti Herawati.

Dirinya berharap, pelatihan ini dapat membantu para pencaker dalam meningkatkan kemampuan diri, mengembangkan skill dan memiliki daya saing dalam dunia kerja, serta yang paling penting dapat bekerja mandiri membuka lapangan kerja untuk para pencaker lain yang berujung pada kurangnya angka pengangguran di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, H.Riswandar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang hadir mewakili Bupati Muara Enim dalam membuka kegiatan tersebut, Jumat (26/5) menekankan kepada 52 orang peserta agar dapat serius, tulus, dan ikhlas dalam mengikuti pelatihan ini karena dengan begitu insyaallah ilmu yang didapat bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama didalam dunia kerja yang sebenarnya.

“Manfaatkanlah kesempatan terbaik ini untuk mengasah skil setajam mungkin, gali informasi, jangan malu bertanya kepada para instruktur dan kepada teman-teman karena kesempatan ini belum tentu dimiliki oleh orang lain. Jadi bersyukurlah dan manfaatkanlah secara maksimal,” ucap Riswandar.

Sementara itu, Ridwan, salah satu peserta yang berasal dari Kecamatan Muara Enim sangat senang bisa ikut tergabung dalam kegiatan pelatihan ini. Dirinya mengungkapkan bahwasanya dengan adanya kegiatan seperti ini tentu dapat membantu anak-anak muda para pencaker dalam mendapatkan pekerjaan karena sudah dibekali skil kemampuan yang didapat dari tanaga pegajar yang profesional.

“Terima kasih Pemkab. Muara Enim, terima kasih Disnakertrans, kesempatan ini akan saya manfaatkan semaksimal mungkin dalam mengasah skil guna masa depan yang lebih baik, terima kasih,” pungkas Ridwan.

Tampak hadir di antaranya beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, perwakilan Yonif 141/AYJP, PT Bukit Asam Tbk, Bank BRI, PT PAMA, PT TEL, PT Medco Energi, PT SBS, PT PPA, dan BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Muara Enim Latih 52 Pencaker

Trending Now

Iklan