Iklan

Timnas SEA Games Indonesia Hantam Myanmar 5-0

warta pembaruan
04 Mei 2023 | 6:34 PM WIB Last Updated 2023-05-04T11:34:15Z


Phnom Penh, www.wartapembaruan.co.id
- Tim nasional sepak bola Indonesia meraih kemenangan kedua pada penyisihan Grup A pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara (SEA Games) 2023 di Stadion Sepak Bola Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). Indonesia meraih kemenangan 5-0 atas Myanmar melalui gol-gol yang dicetak Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta (2 gol), Fajar Fathur Rahman dan Titan Agung.   

Pada pertandingan melawan Myanmar, pelatih Indra Sjafri melakukan rotasi dalam menetapkan starter eleven pemain, dengan mengistirahatkan Ilham Rio, Ananda Raehan Alif Beckham Putra, dan Jeam Sroyer, dan memasukkan Bagas Kaffa, Muhammad Ferrari, Muhammad Taufany, Fajar Fathur Rahman. Alfeandra Dewangga yang sebelumnya menjadi bek tengah, kali ini mengambil posisi sebagai gelandang bertahan, ditemani dua gelandang serang Muhammad Taufani dan Marselino Ferdinan. Sedangkan di lini depan, tiga pemain diturunkan yaitu Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, dan Fajar Fathur Rahman.

Pada babak pertama Indonesia menguasai permainan hingga 70 persen penguasaan bola, dan menghasilkan dua gol melalui tendangan voli Marseino Ferdinan dari luar kotak penalti pada menit ke-19. Pada menit ke-30 Indonesia menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui tendangan penalti Ramadhan Sanantha menyusul pelanggaran pemain Myanmar terhadap Marselino di kotak penalti sendiri.

Pada babak pertama setidaknya terdapat empat peluang emas Indonesia, meskipun hanya dua gol yang tercipta. Misalnya pada menit ke-10 sundulan Rizki Ridho yang merangsek ke depan gagal menembus gawang karena di blok kiper Myanmar, Pyae Phyo Thu. Kemudian peluang Ramadhan Sananta pada menit ke-17 yang menusuk ke kotak penalti gagal menghasilkan gol karena diblok pemain belakang. Satu-satunya pelaung Myanmar justru terjadi di menit awal, menit ke-7, namun tendangan penyerang Myanmar berhasil diblok kiper Indonesia Ernando Ari.

Pada babak kedua, Myanmar melakukan beberapa pergantian, dan dalam 10 menit pertama berhasil menguasai permainan dan beberapa kali mengancam gawang Indonesia. Misalnya pada menit ke-58, penyerang Myanmar berhasil menusuk ke kotak penalti, namun bola yang ditendang hanya tipis ke samping gawang Indonesia. 

Keasikan menyerang, Myanmar justru kembali kebobolan melalui serangan balik cepat pada menit k-59, Sananta menusuk ke kotak penalti sendirian, dan setelah melewati dua pemain belakang Myanmar, tendangan keras kaki kirinya menembus gawang Myanmar, 3-0.

Pelatih Indra Sjafri melakukan pergantian pemain di babak kedua, yaitu Witan Sulaeman digantikan Irfan Jauhari, Ramadhan Sanantha digantikan Titan Agung, Muhammad Taufani digantikan Raehan, Marselino digantikan Beckham Putra, dan Fajar Fathur Rahman digantikan Jeam Sroyer.

Dengan pergantian beberapa pemain, Indonesia kembali menguasai permainan, dan menciptakan dua gol lagi melalui Fajar Fathur Rahman pada menit ke-73 dan gol penutup melalui Titan Agung pada menit ke-87. Indonesia menang 5-0.

Dengan kemenangan itu, Indonesia memuncaki klasemen Grup A dengan enam point dan dengan selisih delapan gol. Sedangkan di tempat kedua ditempati Kamboja yang meraih empat point dengan selisih gol 5-1, disusul Myanmar dengan tiga point dan Filipina satu point. Sedangkan Timor Leste berada di posisi terbawah tanpa point setelah menelan dua kali kekalahan. Dua hari kemudian Indonesia akan menghadapi Timor Leste dan terakhir melawan tuan rumah Kamboja. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Timnas SEA Games Indonesia Hantam Myanmar 5-0

Trending Now

Iklan