Iklan

Apa Itu Dana Siaga BPJamsostek dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

warta pembaruan
27 Mei 2023 | 1:54 PM WIB Last Updated 2023-07-26T09:08:53Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Pekerja formal maupun non-formal diharapkan dapat menjadi anggota BPJamsostek guna mendapatkan jaminan perlindungan sosial bagi tenaga kerja. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan peserta BPJamsostek, seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Kehilangan Pekerjaan, dan Jaminan Pensiun.

Baru-baru ini, BPJamsostek juga meluncurkan fitur baru yakni Dana Siaga yang bisa dimanfaatkan oleh para pekerja. Lantas apa itu Dana Siaga BPJamsostek dan bagaimana cara mendapatkannya?

Apa itu Dana Siaga?

Dana Siaga BPJamsostek adalah salah satu manfaat layanan tambahan yang bisa didapatkan pekerja formal maupun non-formal. Dana Siaga merupakan pinjaman dana yang bisa diberikan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang menggandeng bank milik negara (Himbara) serta Bank Raya.

"Mengenai pinjaman JMO ini, kita memang kerja sama dengan bank-bank Himbara dan Bank Raya. Karena ini sebenarnya bagian manfaat layanan tambahan (MLT)," ujar Deputi Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJamsostek, Oni P. Marbun. Sabtu (27/5/2023) 

Adapun bunga pinjaman yang diterapkan pada Dana Siaga cukup kompetitif dengan perusahaan pinjaman online pada umumnya. Selain itu aplikasi JMO saat ini telah mengantongi lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Pekerja formal maupun informal yang Sudah menjadi peserta BPJamsostek dapat mengajukan pinjaman dana siaga melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) melalui bank milik negara (Himbara) maupun bank raya dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan," ujar Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Gambir, Mias Muchtar.

Dana siaga merupakan salah satu manfaat layanan tambahan yang bisa didapatkan pekerja formal dan informal peserta BPJamsostek sebagai bentuk keamanan dan ketenangan dalam bekerja, sehingga dapat membantu meringankan kebutuhan peserta.

“Selain itu dana Siaga juga diharapkan dapat menjadi solusi keuangan yang praktis saat peserta membutuhkan dana tunai untuk kebutuhan mendesak," pungkas Mias Muchtar. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apa Itu Dana Siaga BPJamsostek dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Trending Now

Iklan