Iklan

Menebak Strategi Pelatih Indra Sjafri Melawan Uzbekistan

warta pembaruan
27 September 2023 | 8:04 PM WIB Last Updated 2023-09-27T13:04:49Z


Oleh Yayat S. Soelaeman

OPINI, Jakarta, wartapembaruan.co.id – Agak sulit untuk menebak strategi yang akan diterapkan pelatih sepak bola Asian Games, Indra Sjafri, termasuk memperkirakan formasi tim yang akan dipasang serta nama-nama pemain yang akan menjadi starting eleven saat menghadapi Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games di Hangzhou, China, Kamis (28/9/2023).

Namun dari rekam jejak Indra Sjafri yang sepertinya setia dan menguasai pakem 4-3-3, maka sangat mungkin pelatih yang mempersembahkan medali emas SEA Games 2022 itu akan tetap menggunakan pakem itu, yaitu menggunakan empat bek, tiga gelandang, satu striker dan dua penyerang sayap di kiri dan di kanan.

Persoalannya adalah lawan yang akan dihadapi Uzbekistan, salah satu kekuatan sepak bola Asia yang saat ini berada di peringkat 75 FIFA, sedangkan Indonesia berada di urutan 147. Apalagi di kelompok umur, tim nasional sepak bola Uzbekistan U20 baru saja (Maret 2023) menjuarai Piala Asia U20.

Ketika menghadapi Indonesia U20 di babak penyisihan Piala Asia U20, saat itu Indonesia berhasil menahan imbang Uzbekistan tanpa gol, meskipun dari statistic pertandingan, Uzbekistan mendominasi permainan dengan 64 persen berbanding 36 persen. Bahkan tembakan ke arah gawang perbandingannya cukup besar, yaitu tujuh berbanding satu.

Namun demikian, angka statistik dalam permainan sepak bola selama 90 menit tidak menjadi jaminan bagi sebuah tim akan memenangi pertandingan. Hasil pertandingan akan ditentukan oleh kecerdikan pelatih dalam meramu pemain yang dimilikinya dan strategi apa yang akan dimainkan pelatih.

Memperkuat pertahanan

Melawan Uzbekistan yang lebih diunggulkan, pelatih Indra Sjafri dipastikan akan menetapkan strategi memperkuat pertahanan lebih dahulu dan memasang pemain yang benar-benar dapat dipercaya. Untuk kiper, kemungkinan besar akan tetap memasang Ernando Ari, yang di ajang SEA Games mampu menjadi tembok terakhir tim Indonesia.

Kemudian untuk empat bek, Indra Sjafri akan memasang Bagas Kaffa (kanan), Muhammad Haykal (kiri), dan duet center-bek Rizky Ridho dan Andy Setyo. Apabila Bagas Kaffa masih belum pulih dari trauma cedera sebelumnya, maka masih ada Robi Darwis untuk menggantikannya.

Untuk trio gelandang, Indra Sjafri kehilangan Rachmat Irianto akibat akumulasi kartu kuning, sehingga posisi gelandang bertahan kemungkinan besar akan ditempati Alfeandra Dewangga. Dewangga merupakan salah satu pemain yang menjadi andalan Indra Sjafri sejak tahun 2019, apalagi ia bisa bermain di beberapa posisi, yaitu center bek, bek kiri dan gelandang bertahan.

Untuk gelandang pengatur permainan di lini tengah, pelatih Indra Sjafri tidak punya pilihan selain Syahrian Abimanyu. Dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup melawan Kirgistan, Taiwan dan Korea Utara, Syahrian Abimanyu selalu diturunkan selama 90 menit.

Lalu satu gelandang lagi yang akan diturunkan pelatih akan tergantung dari strategi pelatih di lapangan. Apabila ingin memperkuat sektor lini tengah dan lebih memperkuat pertahanan, maka pilihannya adalah Ananda Raehan atau Robi Darwis. Raehan dan Robi Darwis merupakan gelandang bertahan di klubnya masing-masing, yaitu PSM Makassar dan Persib Bandung.

Namun apabila Indra Sjafri memilih untuk bermain lebih menyerang, maka Muhammad Taufany menjadi pilihan untuk menempati posisi gelandang serang.

Ramadhan Sananta

Kemudian di lini serang, dengan formasi 4-3-3, maka Indra Sjafri dipastikan akan menempatkan Ramadhan Sananta sebagai ujung tombak. Penyerang Persis Solo itu baru Selasa (26/9/2023) tiba di Hangzhou. Sedangkan dua penyerang sayap kemungkinan besar akan ditempati Ramai Rumakiek di kiri dan Egi Maulana Vikri di kanan.

Sedangkan Titan Agung dan Hugo Samir akan disiapkan untuk diturunkan di babak kedua apabila timnas mengalami kebuntuan.

Ramadhan Sananta akan menjadi tumpuan timnas Indonesaia untuk mencetak gol, apalagi dalam dua pertandingan terakhir Indonesia gagal mencetak gol saat kalah 0-1 melawan Taiwan dan Korea Utara. 

Penyerang Persis Solo itu saat ini menjadi penyerang tajam. Selain memiliki kecepatan dan bertenaga, Sananta juga mampu membaca permainan dan jeli memanfaatkan peluang kecil untuk mencetak gol. Apalagi kemampuan kaki kiri dan kaki kanan sama baiknya. 

Patut dinantikan aksi Ramadhan Sananta yang akan beroperasi di lini pertahanan Uzbekistan dan dengan dukungan Egi Maulana Vikri, Ramai Rumakiek dan Syahrian Abimanyu.

Perkiraan susunan pemain Indonesia melawan Uzbekistan:

Formasi 4-3-3 : Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Andy Setyo, Muhammad Haykal; Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Syahrian Abimanyu; Ramai Rumakiek, Egi Maulana Vikri, Ramadhan Sananta. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menebak Strategi Pelatih Indra Sjafri Melawan Uzbekistan

Trending Now

Iklan