Iklan

Francesco "Pecco" Bagnaia Juara MotoGP Mandalika Indonesia 2023

warta pembaruan
15 Oktober 2023 | 9:31 PM WIB Last Updated 2023-10-15T14:31:51Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
- Pebalap Italia dari Tim Ducati Lenovo, Francesco "Pecco" Bagnaia tampil sebagai juara Grand Prix MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, setelah menjadi yang tercepat dan terdepan dalam balapan utama MotoGp Grand Prix Indonesia 2023, Minggu (15/10/2023). Sedangkan di urutan dua dan tiga yang berhak naik podium adalah Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Fabio Quartararo dari Tim Monster Energy Yamaha.

Lomba balap utama MotoGP yang melahap 27 lap di Sirluit Internasional Mandalika, NTB, Indonesia, berlangsung penuh drama, Bagnaia yang memulai balapan dari urutan 13 berlomba dengan mengesankan dan perlahan namun pasti terus merangaek ke urutan terdepan, dan mulai lap ke-19 ia berhasil menyalip Maverick Vinalis untuk memimpin balapan, dan mempertahankan posisinya hingga finish, meskipun ditempel dengan ketat oleh Vinales dan Fabio Quartararo.

Keberhasilan Bagnaia, Vinales dan Quartararo naik podium utama GP Indonesia 2023 juga akibat jatuhnya pebalap yang difavoritkan akan menjuarai GP Indonesia 2023, yaitu Jorge Martin Prima Pramac Racing, yang terjatuh di lap 13 ketika dia memimpin balapan. Demikian juga pebalap yang menempati pole position MotoGP GP Indonesia dari Tim Mooney VR 46 Racing, Luca Marini, yang juga terjatuh di lap-lap awal.

Francesco Bagnaia, juara dunia MotoGP tahun 2022 lalu, yang mendapat tekanan berat karena dalam klasemen utama pebalap MotoGP, posisinya di urutan pertama direbut Jorge Martin seusai Sprint Race MotoGP Mandalika 2023 Sabtu (14/10/2023) kemarin. Saat itu Jorge Martin menjadi juara Sprint Race dan mendapat tambahan poin, sehingga menggeser posisi Bagnaia di urutan pertama.


Ketika balapan utama dimulai, Bagnaia memulai dari urutan 13, sedangkan Jorge Martin yang memulai balapan dari urutan enam, melakukan start yang sangat baik, dan langsung merangsek ke urutan terdepan ketika lomba dimulai. Bahkan Jorge Martin berhasil menyalip lima pebalap sekaligus di depannya sebelum tikungan pertama, dan kemudian dengan meyakinkan memimpin balapan sendirian. Sayangnya, Jorge Martin terpeleset dan terjatuh di lap ke-13, dan gagal melanjutkan perlombaan.

Sementara itu Pecco Bagnaia menjalani lomba dengan stabil. Setelah melahap lap pertama dengan baik, ia kemudian merangsek ke urutan lima, dan kemudian menduduki urutan empat ketika pebalap pole position Luca Marini harus terjatuh karena terkena serempetan pebalap Brad Binder.

Bagnaia kemudian melakukan pertarungan sengit dengan Fabio Quartararo, Aleix Espargaro dan Brad Binder, sedangkan di depan, Jorge Martin dan Maverick Vinales terus memimpin balapan dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Perlombaan semakin penuh drama karena pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, kemudian terjatuh sebelum lap ke-10. Marquez melanjutkan catatan buruk di GP Mandalika Indonesia, karena pada lomba Sprint Race, Sabtu (14/10/2023), ia juga terjatuh dan gagal meraih point.

Pada lap ke-13 Jorge Martin mengalami kecelakaan di tikungan ke-11 ketika unggul tiga detik dari Vinales. Maverick Vinales naik ke peringkat pertama, dan Bagnaia, yang mendapatkan keuntungan besar dalam perburuan gelar juara dunia, kini berada di urutan kedua. Namun pada lap ke-19, Bagnaia berhasil menyalip Vinales, dan terus mempertahankan posisinya hingga garis finish.

Seusai balapan yang disiarkan secara langsung melalui siaran televisi, Pecco Bagnaia mengatakan bahwa posisi juara di Mandalika Gran Prix sangatjo  menggembiarakan, dan ia layak mendapatkannya. "Saya pikir ini layak didapatkan. Saya mulai dari posisi 13 pada lap pertama. (Jorge) Martin sempat bilang 'hati-hati dengan ban dan lihat saja nanti' dan itu benar. Di 10 lap terakhir saya menjaga kecepatan dan mengendalikan balapan dan saya bahagia dengan ini," kata Bagnaia.

Dari 21 pebalap MotoGP GP Mandalika Indonesai 2023, hanya 14 pebalap yang berhasil finish, sedangkan tujuh pebalap gagal finish karena terjatuh di tengah balapan, yaitu Johann Zarco FRA Pramac Ducati, Jorge Martin SPA Pramac Ducati, Joan Mir SPA Repsol Honda, Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS, Marc Marquez SPA Repsol Honda, Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati, dan Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS.

Hasil Race MotoGP Mandalika 2023:

1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo

2. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory

3. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha

4. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati 

5. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati 

6. Brad Binder RSA Red Bull KTM 

7. Jack Miller AUS Red Bull KTM 

8. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo 

9. Alex Rins SPA LCR Honda 

10. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory 

11. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda 

12. Miguel Oliveira POR RNF Aprilia

13. Raul Fernandez SPA RNF Aprilia 

14. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha 

Dengen keberhasilan Pecco Bagnaia menjuarai MotoGP Mandalika Indonesia 2023, maka ia mengokohkan posisinya di urutan pertama balapan MotoGP 2023 dengan 346 point, diikuti Jorge Martin dengan 328 point. Klasemen MotoGP 10 besar adalah 1. Francesco Bagnaia (346), Jorge Martin (328), 3. M. Bezzecchi (283), 4. Brad Binder (211), 5. A. Esparago (177), 6. M. Vinales (165), 7. J. Zarco (162), 8. Luca Marini (144), Jack Miller (135), dan Fabio Qartararo (132). (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Francesco "Pecco" Bagnaia Juara MotoGP Mandalika Indonesia 2023

Trending Now

Iklan