Iklan

Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Mandalika Indonesia 2023

warta pembaruan
14 Oktober 2023 | 3:33 PM WIB Last Updated 2023-10-14T08:33:25Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
– Pebalap MotoGP (Prima Pramac Racing) asal Spanyol, Jorge Martin, berhasil menjadi pemenang dalam Sprint Race MotoGP Mandalika Indonsia 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Sabtu (14/10) siang WIB. Kemudian pebalap Luca Marini finis di posisi kedua, diikuti Marco Bezzecchi yang finis di posisi ketiga. 

Sprint race berlangsung pada Sabtu (14/10) pukul 14.00 WIB dalam cuaca cerah 32 derajat celsius. Sprint Race MotoGP Mandalika 2023 berlangsung selama 13 lap, dengan pebalap Luca Marini start dari posisi terdepan.

Seluruh pembalap mampu melalui start dengan mulus dan sukses melalui tikungan pertama di Sirkuit Mandalika tanpa insiden. Maverick Vinales berhasil start dengan bagus untuk memimpin Sprint Race diikuti Luca Marini dan Fabio Quartararo.

Namun di akhir lap pertama, pebalap Marc Marquez mengalami kecelakaan karena tergelincir di tikungan. Ia tampak kecewa karena tidak bisa melanjukan Sprint Race MotoGP Mandalika 2023.

Kemudian pada lap kedua di sebuah tikungan, dua pebalap yang saling bersaing, Aleix Espargaro dan Brad Binder, berbenturan dan akhirya jatuh bersamaan. Esparago juga tidak bisa melanjutkan lomba, namun Binder masih bisa melanjutkan lomba.

Mulai lap keenam, Jorge Martin mulai memimpin Sprint Race setelah sukses menyalip Fabio Quartararo, Luca Marini dan Maverick Vinales. Luca Marini dan Marco Bezzecchi juga berhasil menyalip Fabio Quartararo, dan menembus finis di urutan dua dan tiga.

Hasil Sprint Race MotoGP Mandalika 2023: 1. Jorge Martin (Pramac Ducati), 2. Luca Marini Mooney (VR46 Ducati), 3. Marco Bezzecchi (VR46 Ducati),4. Maverick Vinales (Aprilia), 5. Fabio Quartararo (Monster Yamaha), 6. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati), 7. Enea Bastianini (Ducati Lenovo), 8. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), 9. Jack Miller (Red Bull KTM), 10. Miguel Oliveira (RNF Aprilia).

Apa itu Sprint Race?

Musim balapan MotoGP 2023 menambah sajian balapan baru yang dinamai Sprint Race, selain balapan utama MotoGP. Sprint Race adalah balapan lebih ringkas dari race utama dan bisa mendulang poin bagi pebalap dalam klasemen secara keseluruhan dalam satu tahun.

Dorna, FIM, International Road racing Team Association (IRTA) dan Motor Sport Manufacturer Association (MSMA) meresmikan format baru di MotoGP 2023 bernama Sprint Race.

Pada MotoGP Mandalika Indonesia 2023, Sprint Race  digelar Sabtu (14/10/2023), sedangkan sesi balapan utama digelar hari Minggu (15/10/2023). 

Dalam Sprint Race, lap yang harus ditempuh berjumlah setengah dari jumlah lap yang akan digunakan saat sesi balapan utama. Balapan utama MotoGP Mandalika 2023 adalah 27 lap, sedangkan balapan Sprint Race akan melahap13 lap.

Sprint Race  memperebutkan poin yang bisa jadi tambahan pebalap di Klasemen MotoGP. Namun, poin yang akan diraih turut berjumlah setengah dari poin yang di dapat di sesi balapan utama.

Juara Sprint Race akan mendapat 12 poin. Peringkat kedua akan meraih sembilan point, pebalap urutan ketiga tujuh point, dan seterusnya.

Starting grid (urutan pebalap) pada Sprint Race tetap ditentukan di sesi kualifikasi. Tujuan Sprint Race hanya untuk membuat ajang MotoGP makin semarak dan membuat penonton makin antusias menyaksikannya. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Mandalika Indonesia 2023

Trending Now

Iklan