Iklan

Puncak HPMI Tahun 2023, Wapres RI: Wujudkan Pekerja Migran Merdeka Berdaya Sejahtera

warta pembaruan
18 Desember 2023 | 10:22 PM WIB Last Updated 2023-12-18T15:22:41Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin, menghadiri puncak peringatan Hari Pekerja Migran Internasional (HPMI) tahun 2023 yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (18/12).

“Hari ini saya merasa senang sekali bisa merasakan kehangatan dan keakraban berada di tengah-tengah saudara-saudara sekalian. Semoga Pekerja Migran Indonesia dapat terus berkontribusi membangun bangsa, juga meraih kemajuan dan kebahagiaan bersama keluarga,” ungkap Wapres Ma’ruf.

Dihadapan 5.000 orang yang hadir dalam acara HPMI 2023, Wapres Ma’ruf menjelaskan, pemerintah baik pusat maupun daerah mempunyai kewajiban untuk menyiapkan Calon Pekerja Migran Indonesia yang kompeten, baik secara teknis maupun bahasa sehingga mereka dapat merebut peluang kerja di luar negeri.

“Penyiapan kompetensi ini penting untuk mewujudkan pekerja migran yang berdaya. Kita menginginkan mereka merdeka dari belenggu sindikat penempatan ilegal dan tindak pidana perdagangan orang (TPPO), sehingga mereka dapat hidup lebih sejahtera. Saya kira ini sangat relevan dengan tema yang diangkat dalam peringatan HPMI 2023, yaitu Merdeka, Berdaya dan Sejahtera,” jelas Wapres Ma’ruf.

Ia meminta, seluruh instansi yang berwenang untuk serius memerangi TPPO, yang sejatinya bertentangan dengan Hak Asasi Manusia. “Sebarluaskan kepada orang-orang terdekat tentang risiko bekerja secara ilegal. Seperti risiko kekerasan, gaji yang tidak dibayarkan, eksploitasi jam kerja, dan diperjualbelikan antarmajikan. Selain itu, pekerja migran tanpa dokumen resmi tidak bisa mendapat perlindungan dari pemerintah, serta rentan penipuan dan eksploitasi penyalur,” pinta Wapres.

Kepada 760 Pekerja Migran Indonesia yang akan berangkat ke Korea Selatan malam ini, Senin (18/12), Wapres Ma’ruf berpesan agar pekerja migran pandai dan bijak menyesuaikan diri. Patuhi peraturan di negara penempatan, dan terapkan ‘air orang disauk, ranting orang dipatah, adat orang diturut’, serta selalu jaga citra dan nama baik Indonesia.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat Hari Pekerja Migran Internasional tahun 2023. Mari bersama kita wujudkan Pekerja Migran Merdeka, Berdaya dan Sejahtera,” pungkas Wapres Ma'ruf Amin. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puncak HPMI Tahun 2023, Wapres RI: Wujudkan Pekerja Migran Merdeka Berdaya Sejahtera

Trending Now

Iklan