Iklan

Awali Tahun 2024 Ditjen Dukcapil Tinjau Layanan Publik di Ujung Timur Pulau Jawa

warta pembaruan
10 Januari 2024 | 10:54 AM WIB Last Updated 2024-01-10T03:54:16Z


Banyuwangi, Wartapembaruan.co.id
- Mengawali program kerja tahun 2024, Direktur Dafdukcapil Akhmad Sudirman Tavipiyono meninjau langsung Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (8/1/2024). 

Kedatangan Direktur Tavip disambut langsung oleh Kadis Dukcapil Kabupaten Banyuwangi Juang Pribadi. 

Juang menuturkan, saat ini layanan Dukcapil Banyuwangi semuanya berada di Mall Pelayanan Publik. "Penduduk dapat dengan mudah mengurus dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Mall Pelayanan Publik, satu hari langsung jadi," ungkap Juang sembari merapat menyambut Direktur Tavip. 

Pada tinjuan ini keduanya langsung merapat ke loket pelayanan sambil memberikan pengarahan kepada petugas. "Setiap petugas front office harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal seperti sikap yang ramah, sabar dan mampu menyelesaikan masalah dengan cepat serta efektif," tutur Tavip. 

Tavip kemudian menyampaikan strategi menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024 kepada jajaran pegawai Dukcapil Kabupaten Banyuwangi untuk terus menggenjot perekaman KTP-el bagi pemilih pemula.

"Petugas Dukcapil harus aktif melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dan hadir ke pintu-pintu rumah penduduk untuk melakukan perekaman dan meng-update terhadap mereka yang sudah meninggal, atau penduduk yang pindah domisili," jelas Tavip. 


Lebih lanjut Tavip menginstruksikan kepada jajaran pegawai Dinas Dukcapil agar semua penduduk yang mengurus dokumen kependudukan juga mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital. 

Selanjutnya Direktur Tavip bersilaturahmi dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Dalam kesempatan kali ini Bupati Banyuwangi dukungan kepada Tavip sebagai perwakilan Pemerintah Pusat. 

"Pemerintah pusat khususnya Ditjen Dukcapil harus mensupport pelayanan yang ada di daerah, terkhusus perekaman KTP-el di Kabupaten Banyuwangi," kata Bupati Ipuk Fiestiandani 

Di akhir kunjungannya di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini, Tavip meninjau pelayanan jemput bola yang berada di kantor Kecamatan Licin dan sekaligus menyerahkan KTP-el yang sudah dicetak secara langsung. 

Secara terpisah Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi meminta jajaran Dinas Dukcapil kabupaten/kota di bawah koordinasi Disdukcapil provinsi secara konsisten dan proaktif merekam biometrik wajib KTP pemula untuk membuat KTP-el. Hal ini dilakukan sebagai akselerasi perekaman KTP-el Pemilih Pemula di DP4 dan persiapan Pemilu 2024.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Awali Tahun 2024 Ditjen Dukcapil Tinjau Layanan Publik di Ujung Timur Pulau Jawa

Trending Now

Iklan