Iklan

JK dan Para Tokoh Lintas Agama Serukan Pilih Pasangan Amin dalam Pilpres 2024

warta pembaruan
02 Februari 2024 | 4:46 PM WIB Last Updated 2024-02-02T09:46:26Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Sejumlah tokoh nasional seperi Mantan Wapres Jusuf Kalla, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Mantan Menteri Agama Fachrul Razi, Pakar Pemerintahan Ryaas Rasyid dan lain-lain menyerukan untuk memilih pasangan Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandsr (AMIN) dalam Pilpres 2024.

Dalam konferensi pers di Jakarta Kamis 1 Januari 2024, para tokoh tersebut juga  menyampaikan keprihatinan atas kehidupan kenegaraan terutama dengan sikap ketidaknetralan presiden dalam Pemilu.

Para tokoh juga menyerukan masyarakat untuk memilih pasangan AMIN pada pemilu 2024 pada tanggal 14 Februri mendatang.

"Kami memantapkan keyakinan untuk mendukung pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang kami nilai tepat, ideal, dan solusi bagi Indonesia," demikian bunyi pernyataan resmi para tokoh lintas agama tersebut.

Berikut isi pernyataan lengkap sebagaimana diterima tim redaksi Hallo Jakarta:

Dengan Nama Tuhan Yang Maha Esa

Mencermati secara seksama perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara jelang Pemilu/Pilpres 2024 terakhir ini, kami para tokoh/aktivis beberapa organisasi/kelompok masyarakat menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Keprihatinan mendalam akan proses Pemilu/Pilpres 2024 yang paling buruk dalam sejarah Indonesia, dengan hilangnya etika politik berdasarkan Pancasila dan kepemimpinan nasional terjerembab ke titik nadir kenegarawanan. Hal ini ditandai oleh keterlibatan dan keberpihakan presiden dan jajaran pemerintah yang terlalu dalam dan demonstratif demi memenangkan partai dan/atau pasangan capres dan cawapres tertentu.

2. ⁠Sejatinya pemilu/pilpres adalah jalan damai untuk pergantian rezim yang sudah berkuasa selama maksimal masa jabatannya, maka harus berlangsung sesuai prinsip dalam undang-undang yaitu jujur dan adil. Namun, gejala dan gelagat kecurangan menjelma di depan mata seperti pengerahan aparat negara dan kepala desa, pembagian BLT, bansos, selama masa kampanye, dan lain sebagainya. Jika hal ini tidak dihentikan maka pemilu/pilpres akan gagal dan potensial membawa pertentangan serta perpecahan di tubuh bangsa.

3. ⁠Kami menyerukan kepada seluruh keluarga bangsa untuk mencegah terjadinya hal demikian, untuk itu harus menghalangi segala bentuk kecurangan, dan tidak memilih partai dan/atau pasangan capres-cawapres yang didukung oleh rezim yang berkuasa.

5. ⁠Kami memantapkan keyakinan untuk mendukung Pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) yang kami nilai tepat, ideal, dan solusi bagi Indonesia masa depan atas alasan-alasan:

A. Amin berwawasan kemajemukan sehingga dapat mewujudkan kerukunan dalam kehidupan bangsa.

B. Amin visioner untuk membawa Bangsa Indonesia berkembang maju sesuai cita-cita nasional, dan berwibawa dalam pergaulan global antar bangsa.

C. Amin membawa perubahan sebagai sesuatu yang niscaya dan mendesak dilakukan atas kehidupan bangsa dan negara yang rusak akibat merajalelanya korupsi, kolusi, nepotisme dan politik dinasti.

D. Amin berbakat dan berpengalaman mengelola manajemen nasional dalam mendayagunakan Sumber Daya Alam Indonesia yang kaya dan Sumber Daya Manusia yang perkasa melalui agenda perubahan.

E. Amin adalah tokoh muda yang segar, rasional, matang, simpatik, dan beradab. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • JK dan Para Tokoh Lintas Agama Serukan Pilih Pasangan Amin dalam Pilpres 2024

Trending Now

Iklan