Iklan

Pimpin Apel Siaga, Idrus Maha : Bawaslu Ujung Tombak Pengawasan Pemilu

warta pembaruan
13 Februari 2024 | 12:32 PM WIB Last Updated 2024-02-13T05:32:32Z


Dairi, Wartapembaruan.co.id
- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dairi menggelar Apel Siaga pada tahapan masa tenang Pemilu, Senin (12/2/2024).

Apel yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Dairi Idrus Maha, S.Pd.I, juga turut dihadiri Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari, bersama stakeholder.

Ketua Bawaslu Dairi dalam arahannya, mengatakan Bawaslu sebagai ujung tombak dalam pengawasan Pemilu, baik itu pengawasan di lingkungan TPS saat pemungutan suara, dan penghitungan suara nantinya.

"Bawaslu sebagai ujung tombak melaksanakan pengawasan di lingkungan TPS, saat pemungutan dan penghitungan suara nantinya," kata Idrus saat memimpin apel siaga.

Disebutkan Idrus pada masa tenang ini, ia ingin menyampaikan bahwa sebagai pengawas. Bawaslu ingin memastikan bahwa semua peserta Pemilu mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Termasuk larangan kampanye, penyebaran yang sifatnya sensitif, dan penggunaan daya publik untuk kepentingan politik.

"Kita harus tetap waspada, terutama terhadap upaya-upaya yang dapat menggangu, keamanan, ketertiban, selama masa tenang ini," ajaknya. 

Ia menegaskan, kepada seluruh tim pengawas dari tingkat kecamatan, desa sampai nanti ke PTPS untuk menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan profesionalisme dan kejujuran.

"Mari kita lakukan pengawasan secara objektif tanpa memihak kepada siapapun, tanpa membiarkan diri kita terpengaruh oleh kepentingan politik atau tekanan eksternal," harapnya.

Dengan kerja keras yang dilakukan seluruh tim pengawasan dari tingkat kecamatan, 

desa/kelurahan hingga PTPS. Pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari berjalan sesuai harapan bangsa Indonesia.

"Saya yakin dengan kerja keras kita semua pengawas, pelaksanaan Pemilu akan berjalan sesuai harapan kita semua," ungkapnya.

Kepada seluruh stakeholder yang hadir dalam apel siaga, Idrus berharap bisa memberikan masukan dan saran kepada Bawaslu, agar bisa tetap menjaga integritas dalam melakukan pengawasan masa tenang dan sampai nanti saat rekapitulasi.

"Saya sebagai Ketua Bawaslu sangat berharap masukan dan saran dari stakeholder, agar kami dapat melaksanakan pengawasan dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga integritas," ujarnya.

Sementara itu Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari kepada seluruh peserta apel 

menyampaikan, bahwa Polres Dairi tidak banyak mencampuri, apalagi masuk secara spesifik di bidang tugas Bawaslu.

"Saya mengajak mengingatkan bahwa kepolisian punya pekerjaan yang sama," kata Agus.

Menurut Kapolres, suksesnya pesta demokrasi 2024 adalah tanggungjawab bersama semua pihak, dan hari ini sampai tanggal 13 Februari masuk masa tenang.

"Mari kita laksanakan aturan yang harus kita tegakan, baik oleh peserta Pemilu maupun penyelenggara serta pengawas Pemilu," sebutnya.

Selama tiga hari kedepan selayaknya tidak ada atribut, bahan kampanye, dan APK yang masih terpasang. Demikian juga dilingkup teknologi tidak ada media sosial yang masih tersebar dan aktif untuk menyuarakan selayaknya kampanye di waktu lalu.

"Mari kita ingatkan bersama, mari tegakan aturan, sehingga pesta demokrasi ini benar-benar jadi pesta kita bersama," harapnya.

Namanya pesta seharusnya semua orang berbahagia dan menikmati prosesi ini, hingga nanti terpilih calon-calon pimpinan dimasa mendatang, baik itu pimpinan negara maupun pimpinan-pimpinan dibawahnya. 

"Laksanakan tugas dan senantiasa berpegang teguh pada aturan yang berlaku. Selaku pengawas hindari sekecil mungkin adanya penyimpangan yang kita ketahui bersama," imbaunya.(Sibanu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pimpin Apel Siaga, Idrus Maha : Bawaslu Ujung Tombak Pengawasan Pemilu

Trending Now

Iklan