Iklan

Tokoh Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze menjadi Top of Mind di kalangan Masyarakat Provinsi Papua Selatan, Hasil Survey LSI

warta pembaruan
05 Mei 2024 | 3:39 PM WIB Last Updated 2024-05-05T08:39:56Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Hasil survey Lingkar Survey Indonesia (LSI) periode Maret - April 2024, Tokoh Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze  menjadi Top of Mind di kalangan masyarakat provinsi papua selatan sebagai calon gubernur yang akan dipilih.

Menurut survey LSI, saat ini Johanes Gluba Gebze memiliki tingkat ekektabilitas paling unggul dibandingkan tokoh lain yang memiliki elektabilitas masih rendah, di bawah 10%.

Dalam survey pertanyaan terbuka, jika pemilihan langsung hari ini, maka pilihan masyarakat terhadap kandidat gubernur, diperoleh lima besar calon gubernur dengan posisi teratas Johanes Gluba Gebze mendapat 37.8% suara, disusul Yusak Lawuyo 16.3% suara, disusul Romanus Mbaraka dengan perolehan 7.1% suara, dan Apolo Safanpo 6.3% suara. Sedangkan di posisi kelima diraih Eduardus Kaize dengan perolehan 2.3% suara. Yang menjawab tidak tahu atau suara ngambang sebanyak 25.6% suara.

Sementara dalam pertanyaan tertutup terkait siapa pilihan masyarakat untuk jadi Gubernur Papua Selatan, perolehan suara di lima besar diperoleh hasil, Johanes Gluba Gebze mencapai 42.7% suara, sedangkan Yusak Lawuyo mendapat 19.1% suara, disusul Apolo Safanpo 8.6% suara, dan posisi kandidat Romanus Mbaraka berada di posisi keempat dengan 8.3% suara, sedangkan kandidat Eduardus Kaize mendapat 3.7% suara. Jumlah suara yang belum menentukan pilihan atau tidak tahu sebanyak 10.7% suara.

Jika calon yang bertarung hanya enam kandidat, dalam pertanyaan tertutup siapa yang akan dipilih masyarakat Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze meraih dukungan 45.3% suara, Yusak Yaluwo 19.7% suara, Apolo Safanpo 10.9% suara, Romanus Mbaraka 8.9% suara, Nicolaus Kondomo 0.9% suara, Yosef Yolman 0.0% suara. Sedangkan yang menjawab tidak tahu sebanyak 14.3% suara.


Bila jumlah kandidat dikerucutkan menjadi tiga calon terdiri dari Johanes Gluba Grbze, Yusak Yaluwo, Apolo Safanpo, maka hasil yang diraih kandidat calon Gubernur Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze mendapat dukungan 47.3% suara, disusul Yusak Yaluwo 24.9% suara, dan Apolo Safanpo 18.3 % suara, dengan 9.5% menjawab tidak tahu.

Lain halnya bila hanya dua kandidat terdiri dari Johanes Gluba Gebze dan incumbent Pl Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, maka hasilnya Johanes Gluba Gebze meraih dukungan 54.1% suara dan Yusak Yaluwo meraih 28.0% suara. Sedangkan suara mengambang sebanyak 17.9% suara.

Dari semua kandidat, ternyata rekam jejak atau nilai rapor Johanes Gluba Gebze dinilai paling jujur dengan perolehan 71.7% suara. Untuk kepintaran 80.0% suara, Nasionalis 76 6%, religius 70.9%, berwibawa sebagai pemimpin 79.7%, perhatian pada rakyat 80.0%, mampu mengambil putusan secara tegas 74.3%, dan menepati janji kampanye 59.4% suara.

Sedangkan rekam jejak atau hasil rapor kandidat lainnya sangat jauh dengan Johanes Gluba Gebze yang pernah dua kali menjabat Bupati Merauke dan dikenal dekat dengan rakyat karena sifat mengayomi semua kalangan. Johanes juga dikenal sebagai inisiator atas terbentuknya Provinsi Papua Selatan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tokoh Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze menjadi Top of Mind di kalangan Masyarakat Provinsi Papua Selatan, Hasil Survey LSI

Trending Now

Iklan