News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Refleksi Akhir Tahun: Baru Beroperasi 2020, BLK Belitung Mendapat 22 Paket Pelatihan

Refleksi Akhir Tahun: Baru Beroperasi 2020, BLK Belitung Mendapat 22 Paket Pelatihan

Refleksi Akhir Tahun: Baru Beroperasi 2020, BLK Belitung Mendapat 22 Paket Pelatihan

WARTA PEMBARUAN ■ Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung di resmikan bersama 3 (Tiga) Balai Latihan Kerja lainnya, yaitu BLK Banyuwangi, BLK Sidoarjo dan BLK Pangkep pada tanggal 13 September 2019.

BLK Belitung baru beroperasi  di tahun 2020, dimana mendapatkan paket pelatihan sebanyak 22 paket terdiri dari 15 paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dan 7 paket Refocusing. Secara nomenklatur BLK Belitung terdiri dari 2 kejuruan yaitu Agrowisata dan Processing.

Selama tahun 2020 BLK Belitung telah melatih masyarakat Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur dan sebagian Masyarakat di Pulau Bangka, karena wilayah kerja BLK Belitung adalah Provinsi Bzngka Belitung (Babel).

"BLK Belitung telah melatih 369 orang pencari kerja (Pencaker) dan telah menciptakan beberapa orang wirausaha muda yang kreatif dan inovatif," kata Kepala BLK Belitung, Rahmad Faisal memaparkan Refleksi Akhir Tahun BLK Belitung kepada Wartapembaruan, Rabu (30/12/2020).

Menurut Rahmad, minat dan unggulan program pelatihan di BLK Belitung adalah program Barista, Processing dan Perhotelan.

Refleksi Akhir Tahun: Baru Beroperasi 2020, BLK Belitung Mendapat 22 Paket Pelatihan

"Suatu apresiasi yang besar, dimana dari 48 orang peserta pelatihan program Barista yang dilatih semuanya berwirausaha dengan membuka gerobak dan cafe kopi dengan brand "Sikok Name" dan "Simpour Coffee" dan masih menunggu 3 brand baru dari alumni barista angkatan 3, dan ada beberapa alumni kita yang bekerja/On Job Training (OJT) di beberapa hotel di Kabupaten Belitung, instansi pemerintah dan swasta," ujar Rahmad.

BLK Belitung memiliki satu-satunya program pelatihan yaitu Pemandu Selam. Pada bulan November 2020 BLK Belitung telah membentuk FKLPID (Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah) yang di ketuai oleh Agus, GM. Santika Hotel Resort Belitung dan juga Ketua Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA).

BLK Belitung juga telah melaksanakan FGD dan Komitmen Bersama untuk pengembagan Desa Wisata dengan Kemitraan sebagai Pilot Project Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. dan harapan di tahun 2021 BLK Belitung akan menciptakan wirausaha pemula dengan target one product one village.

Berkat kolaborasi yang sangat baik antara Pemkab Belitung dengan Ditjen Binalattas Kemnaker RI, akhirnya pada tabggal 29 Desember 2020, telah ditandatangani Berita Acara Serah Terima Hibah Lahan untuk pengembangan BLK Belitung seluas 4,62 Ha sesuai dengan janji Bupati Belitung H. Sahani Saleh paling telat di akhir tahun 2020 Hibah lahan ini bisa kami serahkan kepada Ditjen Binalattas Kemnaker. RI (Azwar).

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar