News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Catatan Sore: "Vaksinasi Dimulai,  Tetap Lakukan 3M"

Catatan Sore: "Vaksinasi Dimulai,  Tetap Lakukan 3M"



Oleh:Timboel Siregar (Pengamat Ketenagakerjaan)


Wartapembaruan.co.id - Vaksinasi sudah dimulai hari ini, Rabu (13/1/2021). Vaksinasi bertujuan untuk membentuk antibodi dalam tubuh sehingga bisa menangkal Covid-19.

Apakah setelah vaksinasi, antibodi langsung terbentuk? Ternyata TIDAK.

Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), antibodi terbentuk 14 hari setelah vaksin kedua disuntikan ke tubuh kita. Vaksin kedua disuntikkan 14 hari sejak vaksin pertama disuntikkan. Ini artinya antibodi akan terbentuk hampir sebulan setelah vaksin pertama disuntikan. Semua orang yg menjadi target vaksinasi akan divaksin dua kali.

Jadi, jangan ada orang yang setelah divaksin merasa langsung aman. Antibodi tidak langsung terbentuk. Tetap yang utama adalah lakukan 3M.

Vaksinasi adalah pelengkap atau pendukung dari "vaksin" 3M, oleh karenanya gaya hidup 3M tetap harus ditingkatkan. Jangan ada orang yang menilai setelah vaksinasi tidak perlu melakukan 3M. Itu salah besar.

Covid-19 masih terus mengancam. Hari ini saja penambahan orang yang terkena covid sebanyak 11.278 orang, angka tertinggi sejak Covid-19 ada di negara kita. Rumah sakit sudah kewalahan mengurus pasien covid. Ruang IGD terus penuh dan mendapatkan kamar perawatan untuk penderita covid tidaklah mudah saat ini.

Semoga vaksinasi yang dimulai hari ini berjalan dengan baik dan berhasil mendukung penurunan angka penderita covid, dengan tentunya tetap mematuhi 3M. 


Pinang Ranti, 13 Januari 2021

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar