Iklan

Bersama ACT Tegal, Bangkitkan Semangat Usaha Paperbag Kreasi Difabel Sidamulya

warta pembaruan
04 Maret 2021 | 12:54 PM WIB Last Updated 2021-06-01T07:24:54Z


TEGAL, Wartapembaruan.co.id
- Tim Aksi Cepat Tanggap  (ACT) Tegal mendatangi kediaman Abdul Ghofur selaku penggagas dan Ketua Komunitas Kreasi Difabel yang bertempat di Desa Sidamulya Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Kamis, (4/3/2021) 

Abdul Ghofur (35) memiliki kelainan tulang belakang sehingga menghambat aktifitasnya. Beliau mengalami kesulitan untuk berjalan bila melalui jalan yang tidak rata, untuk duduk dan berdiri pun terasa sulit bila tidak ada alat bantu. Sebelum mengalami kelainan tulang belakang beliau mempunyai usaha ternak kerbau dan membentuk kelompok peternak di desanya. Jumlah kerbau yang dikelola hingga mencapai 500 ekor. 

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Abdul Ghofur enggan bergantung dari belas kasihan orang lain. Berbekal semangat dia membentuk Komunitas Kreasi Difabel yang mengerjakan produksi paperbag dengan didampingi dari Dinas Sosial Kabupaten Tegal dan Pemerintah Desa Sidamulya.

“Dalam sehari produksi paperbag ini mencapai 20 lusin dengan proses manual dan dikerjakan oleh 10 orang  yang semuanya difabel baik fisik maupun mental. Namun saat pandemi paperbag ini tidak dapat dipasarkan. Pelanggan yang dahulu membeli kini berhenti karena permintaan juga sedang sepi. Sehingga sampai saat ini sebanyak 3000 paperbag menjadi terbengkalai tertumpuk di Gudang,” ijar Abdul Ghofur.“Alhasil perputaran modal terhenti, upah pekerja pun belum bisa dibayar karena paperbag masih belum laku terjual. Penawaran dan promosi sudah banyak dilakukan tapi belum membawa hasil. Ada beberapa pesanan yang mempunyai desain berbeda namun belum bisa dipenuhi karena ketiadaan modal selain menunggu stok lama terjual dahulu,” sambungnya.


Siswartono, Kepala Cabang ACT Tegal mengatakan, “Dampak pandemi ini memang sangat luarbiasa, membuat segala sector terhambat. Salah satunya usaha paperbag kreasi difabel ini. Paperbag cantik ramah lingkungan hasil kreasi difabel ini patut kita apresiasi. Kami dari tim ACT Tegal mengikhtiarkan modal usaha sekaligus membantunya mempromosikan prodak mereka.”

“Kami berharap, semua lapisan masyarakat entah itu perorangan, komunitas, pemerintah, maupun yang lain. Mari kita bersama membantu sesama, bantu modal usaha kepada Abdul Ghofur guna meningkatkan dan menstabilkan usaha dan beri motivasi untuk menguatkan Abdul Ghofur dan Tim Kreasi Difabel.” lanjutnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersama ACT Tegal, Bangkitkan Semangat Usaha Paperbag Kreasi Difabel Sidamulya

Trending Now

Iklan