Iklan

TNI: Front Bersenjata OPM (KSB Papua) Gunakan Taktik Gerilya.

warta pembaruan
09 Maret 2021 | 10:35 PM WIB Last Updated 2021-03-09T15:35:24Z


Timika, Wartapembaruan.co.id
-- Prajurit TNI kembali berhasil menemukan tempat yang diduga kuat digunakan KSB Papua sebagai tempat persembunyian berupa gua dan rumah pohon sebagai pos tinjau. Tempat-tempat tersebut ditemukan oleh Tim Patroli Yonif Raider 715/Mtl di distrik Sugapa.

Kapen Kogabwilhan III Kol Czi IGN Suriastawa mengatakan bahwa penemuan ini bukan kali pertama dan semakin menegaskan bahwa front bersenjata OPM (KSB Papua) menggunakan taktik gerilya dalam aksinya. "Selain tergolong kriminal, aksi front bersenjata OPM ini sudah tergolong aksi terorisme dengan taktik gerilya".

Dia menambahkan, taktik gerilya KSB di kampung, hutan dan gunung Papua memiliki kemiripan dengan aksi kelompok teroris MIT di Poso. Mereka bersembunyi di gua dan menempatkan pos tinjau di pohon-pohon, untuk mengamankan dirinya dari kejaran TNI/Polri. "Dan bila merasa kuat, mereka akan menyerang pos TNI/Polri yang dianggap lengah, lari ke kampung untuk menjadikan warga sebagai tameng hidup dan mendapatkan logistik dari warga masyarakat" tambahnya.


Warga kampung yang mengungsi karena takut akan aksi KSB ini yang kemudian diputarbalikkan di media, termasuk diviralkan di medsos. "Front politik dan klandestin lah yang membuat berita di media bahwa warga masyarakat mengungsi karena intimidasi TNI/Polri" tambahnya. Selain dimuat di media online tertentu, mereka sering memanfaatkan akun-akun yg memiliki banyak followers agar viral di berbagai platform medsos. Tak jarang, berita bohong ini dilengkapi dengan foto-foto lama atau dari kejadian lain hanya untuk mendapatkan framing. "Begitulah kerjasama antar front OPM, yaitu front bersenjata (KSB), front klandestin dan front politik baik dalam maupun luar negeri" jelas Kapen Kogabwilhan III ini.

Dia pun menegaskan kembali bahwa berbagai profesi ada di front klandestin ini. "Bisa apa saja, namanya juga klandestin, profesinya lain tapi mendukung OPM, main dua kaki, pungkas Suriastawa.(*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TNI: Front Bersenjata OPM (KSB Papua) Gunakan Taktik Gerilya.

Trending Now

Iklan