Iklan

Ada Apa Dibalik Pencopotan Jabatan Direktur SDM Penunjang Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional

warta pembaruan
30 April 2021 | 11:52 AM WIB Last Updated 2021-04-30T04:52:31Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Adakah hubungan atau kaitan langsung antara Direktur SDM Penunjang Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional  (PT KPI) dengan kebakaran Kilang Balongan, sehingga harus dicopot dari jabatannya pada RUPS PT KPI tgl 26 APRIL 2020 yang lalu dan ditindaklanjuti dengan telah dilakukannya sertijab hari ini, Rabu 28 April 2021 pukul 08.00 WIB secara virtual  atau ada agenda lain dibelakangnya? demikian pertanyaan dugaan dari Ugan Gandar, Pengamat Energi, mantan Pekerja Pertamina dan Presiden FSPPB Periode 2004 – 2015 melalui keterangan pers ke media, Rabu (28/4).

"Mengapa yang dicopot dan diganti adalah Direktur SDM Penunjang Bisnisnya? Apakah dianggap ada hubungannya dg peristiwa kebakaran? Padahal POLRI sendiri memberikan statement bahwa proses penyidikan terhadap kebakaran masih berproses dan belum ada satupun yang ditetapkan sebagai tersangka.  Atau apakah ada pihak-pihak yang memanfaatkan Momentum Kebakaran Dimanfaatkan untuk Mengganti pejabat tersebut untuk kepentingabln tertentu?" Kata Ugan sambil melontarkan pertanyaan. 

Lebih lanjut Ugan menyatakan, "Pengalaman saya selama 25 tahun bekerja di Pertamina, baru menemukan kasus pergantian Direktur yang abnormal dan tidak lumrah seperti ini. Apalagi kejadian ini berlangsung dalam keadaan yang tidak normal. Dimana yang bersangkutan saat ini sedang berkonsentrasi penuh dalam menangani proses pasca kebakaran yang pastinya sangat memeras energy. Bukankah ini mencederai beliau?"

Kewenangan Pengangkatan Direksi Subholding adalah kewenangan Holding bukan BUMN. Apakah ada peran Menteri BUMN dalam penggantian ini? Imbuhnya. "Menteri BUMN  bisa saja mengirimkan surat usulan melalui Holding nama-nama yg harus diganti? atau ada tangan-tangan lain? Atau karena masih pejabat virtual yang tidak jelas kewenangan sehingga setiap saat harus dicopot. Wallohualam bishawab."

"Sampai kapan Kejadian yang tidak lumrah ini akan terus terjadi,  apakah hal seperti ini akan mendorong kinerja perusahaan? Bukankah sebaliknya yang akan terjadi, perusahaan akan semakin terpuruk," katanya lagi.

Dalam akhir keterangan persnya, Ugan menyatakan, "Penting untuk bisa dijadikan catatan bagi semua pihak bahwa Pertamina ini adalah perusahaan besar, strategis, kebanggaan Bangsa Indonesia dan pastinya bukan perusahaan kaleng-kaleng."

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ada Apa Dibalik Pencopotan Jabatan Direktur SDM Penunjang Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional

Trending Now

Iklan