Iklan

Upacara Penutupan Lasitarda Nusantara XLI Tahun 2021 di Lanud Soewondo

warta pembaruan
24 April 2021 | 6:32 PM WIB Last Updated 2021-04-26T05:22:05Z

Medan, Wartapembaruan.co.id -- Setelah lebih kurang 2 Minggu (7-22 April 2021) melaksanakan kegiatan karya bakti maupun penyuluhan dan riset di beberapa kabupaten/ kota di Sumut, akhirnya Lasitarda Nusantara XLI  tahun 2021 resmi ditutup oleh Gubsu Edy Rahmayadi, melalui serangkaian kegiatan dan upacara di Apron Charlie Lanud Soewondo, Sabtu (24/4/2021).

Latsitarda Nusantara merupakan salah satu kegiatan akademik Taruna Akademi TNI (Akmil, AAL dan AAU) dan Taruna Akpol tingkat akhir. Kegiatan  Latsitarda Nusantara ini adalah tugas akhir yang wajib harus dipenuhi oleh Taruna mengingat latihan ini sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna, sebelum para Taruna dilantik menjadi seorang perwira TNI-Polri melalui upacara Prasetya Perwira atau Praspa TNI-Polri oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli 2021 mendatang.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bapak Edy Rahmayadi dalam kata sambutannya mengatakan bahwa momentum kegiatan ini adalah suatu event istimewa dan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Provinsi Sumatera Utara yang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Lasitarda Nusantara XLI tahun 2021.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata solidaritas, rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap kesulitan masyarakat, Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian serta mahasiswa, bersama elemen masyarakat lainya telah melaksanakan kegiatan karya bakti maupun penyuluhan dan riset sosial serta kegiatan bermanfaat lainya selama 2 Minggu di beberapa daerah diantaranya : Kabupaten Simalungun, Langkat, kotamadya Binjai, Medan dan Tebing Tinggi, "ucap Gubernur Sumatera Utara.

Pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun 2021 adalah  yang ke 41, yang telah dilaksanakan dari tanggal 7 April 2021di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan Latsitarda Nusantara adalah dalam rangka memberikan kesempatan kepada para Taruna guna mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang meraka dapat selama di pendidikan untuk selanjutnya didarmabaktikan di luar Akademi masing-masing dalam rangka selain  pengembangan ilmu pengetahuan, juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan masyarakat di masa pandemi Covid seperti saat ini.  Sebab, Kegiatan Latsitarda Nusantara yang merupakan kesamaan dengan kegiatan “Pengabdian kapada Masyarakat” oleh Akademi TNI-Akpol adalah tuntutan dari standar nasional pendidikan tinggi. 

Tema yang diangkat pada Latsitarda Nusantara tahun 2021 ini adalah “Latsitarda Nusantara XLI/2021 Turut Mensukseskan Program Pemerintah Dalam Pencegahan Covid-19 Dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Di Wilayah Sumatera Utara”. Latsitarda Nusantara diiukti oleh 1031 orang, terdiri dari Taruna Akmil 227,  AAL 101, AAU 91, Akpol 283 dan Mahasiswa 100 serta 229 pendukung (Pengasuh & Pelatih, Dosen pembimbing, dan  Pendukung dari Akademi TNI). Peserta Latsitarda telah ditempatkan di beberapa daerah sasaran Latsitarda meliputi Kab. Simalungun, Kab. Langkat, Kab Deli Serdang, Kab Tebing Tinggi, Kotamadya Medan, Kotamadya Binjai dan Kotamadya Pematang Siantar.

Sasaran materi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para Taruna dan Mahasiswa pada Latsitarda Nusantara ke-41 tahun 2021 di Sumut berupa pekerjaan fisik atau karyabhakti meliputii perbaikan fasilitas umum (rumah ibadah, pos kamling, MCK), perbaikan rumah tidak layak huni, pembuatan jalan/pavingisasi, pengaspanal jalan, perbaikan saluran air/drainase dan sebagainya. Selain itu, ada kegiatan yang bersifat nonfisik, seperti melakukan riset sosial, penyuluhan ke desa-desa/kampung tanggung tentang pencegahan Covid-19, kesehatan, dan bahaya narkoba, promosi/pengenalan tentang Akademi TNI dan Akpol di sekolah menengah atas, penanaman nilai kejuangan kepada anak-anak sekolah, pertunjukan drum band Taruna serta melakukan kunjungan/anjang sana kepada Tokoh Agama dan masyarakat.(AVID/r)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upacara Penutupan Lasitarda Nusantara XLI Tahun 2021 di Lanud Soewondo

Trending Now

Iklan