News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor UIN Suska Riau Disebut Ada Surat Nikah Sirih, Prof Hairunas Tidak Membantah

Rektor UIN Suska Riau Disebut Ada Surat Nikah Sirih, Prof Hairunas Tidak Membantah


PEKANBARU, Qartapembaruan.co.id  - Informasi tidak sedap kembali bergulir atas Rektor UIN Suska Riau, Prof Hairunas Rajab. Pasca pelantikan dirinya sebagai rektor UIN Suska pada Rabu, 19 Mei 2021 di Jakarta.

Sehari sebelum pelantikan (18 Mei 2021) beredar informasi bahwa Prof Hairunas Rajab diketahui pernah tinggal bersama wanita yang diduga merupakan isteri sirihnya, di sebuah pemukiman masyarakat, di Desa Rimbo panjang Kecamatan Tambang, Kab Kampar, tepatnya di perumahan Rindu Serumpun, RT 02/RW 01.

Berdasarkan hasil penelusuran tim investigasi dari beberapa awak media, menemukan indikasi, bahwa Prof Hairunas Rajab, yang saat itu masih menjabat Dekan Fakultas Fisikologi UIN Suska Riau, sedang tinggal bersama dengan wanita, yang disebut sebagai isteri sirihnya berdasarkan keterangan dari seorang tokoh masyarakat setempat (AR), yang mengaku kepada awak media pada Kamis (20/5/21) sebagai yang berhak mendata warga baru di komplek perumahan tersebut.

,"Mohon diluruskan ya pak, saya bukan menggebrek pak Hairunas saat itu, tetapi sebagai yang berhak melakukan pemantauan, saya hanya mendata dan mempertanyakan beliau, karena merupakan warga pendatang baru di perumahan itu, dan belum melaporkan diri hingga hari ke dua," sebut AR menjawab pertanyaan awak media.

Menrurut AR, dirinya melakukan pengecekan itu lantaran diketahui adanya warga baru dengan pasangan suami isteri yang belum melaporkan diri, sehingga perlur dipertanyakan keberadaannya, untuk menjaga ketertiban di komplek perumahan.

,"Ya kami harus pastikan data warga yang baru datang dan tinggal di perumahan. Itu tugas kami, dan saya ditunjukkan surat nikah sirih, atas nama Hairunnas, saya diberikan satu foto kopian surat itu," urai AR menjelaskan.

Dari keterangan AR, sebagai tokoh masyarakat di perumahan Rindu Serumpun itu, jika dikaitkan dengan pemberitaan sebelumnya di beberapa media, mengandung alur cerita yang tidak jauh berbeda. Hanya pada pemberitaan sebelumnya, diketahui mantan suami dari isteri sirih Hairunnas Rajab, Danu, dengan tegas mengatakan agar kementerian Agama RI tidak melantik Prof Hairunas Rajab sebagai Rektor UIN Suska Riau, demi menjaga Marwah dan martabat Universitas Islam Riau kedepan.

,"Mau jadi apa UIN Suska Riau, kalau dipimpin orang seperti ini. saya berharap pada bapak mentri untuk tidak melantik Rektor UIN suska Riau."Sebut Danu, dilansir setuju.com 18/5.

Namun sehari setelahnya, kenyataan pun berkata lain, Kementrian Agama RI, alih-alih mempertimbangkan permohonan dari Danu, mantan suami isteri sirih Hairunnas, justru Kementerian Agama pun tetap melantik Prof Hairunas Rajab sebagai Rektor UIN Suska Riau periode 2021- 2025.

Terkait hal ini, pengamat kebijakan publik Riau, M. Rawa El Amady pun memberikan komentarnya dengan mengatakan, bahwa jika Rektor UIN Suska Riau yang baru dilantik memiliki isteri sirih, maka itu dapat diberikan sanksi kode etik dari atasannya.

,"Menrurut saya Jabatan rektor itu kan sangat menentukan dalam hal moral dan etika, sehingga seyogyanya, seorang rektor sudah sepantasnya menjadi teladan dalam segala hal, termasuk soal rumah tangganya, karena didikan seperti apa nantinya yang akan di tiru mahasiswa mengetahui pimpinan memiliki isteri sirih," sebutnya.

Menurut Amidy, agar ini tidak menjadi sebuah isu miring yang mempengaruhi pandangan publik tentang rektor UIN Suska Riau, diminta kementerian agama RI segera berikan sanksi yang sepantasnya.

,"Jika hal ini memang benar, maka kementerian agama RI harus segera ambil langkah konkret, yang diatur dalam Kementerian Agama. Saya tidak tahu, dalam aturan Kementrian Agama, sanksi apa untuk kasus seperti ini, silakan saja di konfirmasi kepada kemenag," pinta M Rawa El Amady.

Disisi lain, atas informasi ini, terkait adanya pernyataan tokoh masyarakat (AR), bahwa Prof Hairunas Rajab, memiliki isteri sirih dengan bukti adanya surat nikah sirih yang diberikan kepada AR, saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan, dirinya saat ini hanya bisa berharap untuk calling down, dan ber prasangka baik saja.

,"Mohon dicatat ya pak, saat ini saya hanya ingin semua ini di cooling down saja. Saya juga tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, kita ber prasangka baik aja, karena saya tidak ada selingkuh seperti yang diberitakan sebelumnya, jadi itu pernyataan saya ya pak," sebut Prof Hairunnas kepada awak media.

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177
JANGAN LUPA
Mohon dilampirkan data pribadi

Erick S

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar