Iklan

BBPP Bekasi dan BPPSDM Pertanian Kementan Beri Latihan Kaum Milenial Melalui Program YESS

warta pembaruan
30 Juni 2021 | 12:25 AM WIB Last Updated 2021-07-01T04:33:59Z
Bekasi, Wartapembaruan.co.id - Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi bekerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDM) Pertanian Kementan memberikan pelatihan pada bidang pemahaman literasi keuangan yang nantinya dapat menjadi trainer soal pengelolaan keuangan kepada petani milenial.

“Sekarang ini minat para minelial menjadi petani semakin besar. Karena itu, perlu dilatih soal pengelolaan keuangannya. Artinya, uang untuk usaha dan uang rumah tangga harus dipisah,” kata Plt Kepala Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi Lucia Hartiningtyas Mardiasari, di Bekasi, Selasa (29/6/2021).

Menurut Lucia, saat ditemui di sela-sela Pelatihan Dasar Bagi Pelatih Literasi Keuangan Tingkat Dasar melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) ini, bertujuan untuk menciptakan kesempatan bagi pemuda-pemudi (milenial-red) khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan ekonomi mereka melalui kewirausahaan/pengembangan usaha atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi mereka.
Dengan demikian, lanjut Luci, dapat meningkatkan kontribusi mereka untuk mentransformasi wilayah perdesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh. Sedang salah satu agenda yang tertuang dalam program YESS adalah penguatan BPP yang berada di empat provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

"BPPSDM Pertanian tersebut akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya,” ujar Lucia seraya menambahkan, untuk Provinsi Jawa Barat yang dilatih di BBPP Bekasi berasal dari Sukabumi, Subang, Tasikmalaya dan Cianjur.

Lucia juga menjelaskan, mereka yang mengikuti Program YESS sekarang, akan menerima pendidikan keuangan. Setelah itu mereka akan menjadi trainer bagi masyarakat. Padalnyam tingkat pemahaman literasi keuangan pada target sasaran program yang telatif kurang memadai serta kurangnya pengetahuan.

“Berdasarkan itu, maka pelatihan ini tujuannya menghasilkan tim pelatih literasi keuangan tingkat dasar yang akan memfasilitasi kelompok sasaran program YESS dalam hal mengakses pengetahuan jasa layanan keuangan,” jelas Luciaku.

Selain itu, imbuhnya, memandu dan mendampingi proses peningkatan kapasitas kelompok sasaran program YESS. Dengan demikian, seluruh peserta pelatihan memiliki pemahaman yang sama terhadap kompetensi literasi keuangan tingkat dasar yang akan diterapkan kepada petani-petani milenial. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BBPP Bekasi dan BPPSDM Pertanian Kementan Beri Latihan Kaum Milenial Melalui Program YESS

Trending Now

Iklan