News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Fungsi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran dan Angkutan Jalan

Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Fungsi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran dan Angkutan Jalan

Samosir, Waryapembaruan.co.id -- Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Perhubungan menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Fungsi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara. Bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (3/6).

Sosialisasi dibuka langsung oleh Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM bersama Kapolres Samosir AKBP. Josua Tampubolon, SH, MH, Kajari Andi Adikawira Putera, SH, MH, Plt Kadis Perhubungan Sardo Rumapea, S.Pd, MM dan Kepala BPTD Wilayah II Propinsi Sumatera Utara Batara Pardede.

Plt Kadis Perhubungan Samosir, Sardo Rumapea dalam laporannya menjelaskan bahwa sosialisasi ini digelar untuk menindaklanjuti kasus kecelakaan lalu lintas beberapa waktu lalu, serta insiden KMP Ihan Batak. Peserta diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait aspek keselamatan untuk meminimalisir angka kecelakaan.

Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang, MM dalam arahanya meminta kepada seluruh stakeholder agar mematuhi segala regulasi yang ada, dan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Wabup juga meminta kepada Dinas Perhubungan untuk selalu berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wilayah II Sumut untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di perairan maupun darat.

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH menambahkan, bahwa dalam dua bulan terakhir terjadi beberapa kasus laka lantas angkutan umum di wilayah Kabupaten Samosir. Untuk itu perlu dilakukan Binluh dan Sosialisasi tentang lalu lintas dan angkutan jalan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum dan menciptkan kamseltibcar lantas yang kondusif di Wilayah Kabupaten Samosir. Mengingat insiden KMP yang baru terjadi, Kapolres juga menekankan bahwa keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan tanggungjawab semua pihak.

Sejumlah operator angkutan sungai, danau dan penyeberangan di Kabupaten Samosir yang menghadiri sosialisasi ini juga berkomitmen untuk menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan berlayar, mempekerjakan SDM yang berkualifikasi dalam pelayaran dan selalu berkoordinasi dengan semua stakeholder untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan.

Adapun operator yang menghadiri sosialisasi yakni General Manager PT. ASDP Cabang Sibolga, Manajer PT Gunung Hijau Megah, Manajer PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (KMP Sumut I dan II), Manajer CV Muara Putih, Ketua OPS Simanindo, Ketua OPS Tomok Tour, Ketua OPS Lopo Parindo, Ketua OPS Tuktuk Indah, Ketua OPS Kapal Hotel, Ketua OPS Nainggolan dan Ketua OPS Onan Runggu.

Turut hadir, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, BMKG, General manager PT. ASDP Cabang Sibolga, Manajer PT Gunung Hijau Megah, Manajer PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara, Manajer CV Muara Putih, Koorsatpel BPTD Wilayah II Sumut, Kepala Pos PT Jasa Raharja, Ketua OPS Simanindo, Ketua OPS Tomok Tour, Ketua OPS Lopo Parindo, Ketua OPS Tuktuk Indah, Ketua OPS Kapal Hotel, Ketua OPS Nainggolan dan Ketua OPS Onan Runggu.

Juga dihadiri para pengusaha angkutan jalan di Kabupaten Samosir. Yakni Direksi PT Samosir Pribumi (Sampri), Direksi PT Pulo Samosir Nauli (PSN), Direksi PT Parisma, Direksi PT Raja Napogos, Direksi CV Sumber Sari, Direksi CV Samosir Tour Transport, Direksi CV Sibiobio, Direksi CV Dame Pintu Batu, Direksi CV Nasional, Direksi Koperasi Pos Pariwisata, Direksi UD Khrisna, Direksi UD Lambas dan Direksi UD Sitobu Jaya.

Sumber : Kominfo Samosir
Publish : Marjono Nadeak

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar