Iklan

Simon Tabuni, Sosok Inspiratif dari Tanah Papua

warta pembaruan
27 Juni 2021 | 10:54 AM WIB Last Updated 2021-06-28T04:56:47Z
Papua, Wartapembaruan.co.id -- Simon Tabuni, pemuda Papua yang merupakan lulusan School of Oriental and African Study (SOAS), University of London ini menjadi sosok inspiratif yang dapat dijadikan contoh dan panutan bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Melansir laman Instagram LPDP, Sabtu (26/6/2021) Simon Tambuni salah satu penerima beasiswa LPDP dan kuliah di University of London, yang tidak pernah berhenti bekerja keras dan meningkatkan ilmu pengetahuannya. Ia beberapa kali mengikuti kompetisi Bahasa Inggris dan hasilnya selalu gagal. Namun demikian, kegagalan itu justru meningkatkan motivasinya agar bisa memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lebih baik lagi.

Selepas lulus kuliah di Inggris, dia mengabadikan dirinya untuk masyarakat Papua dengan membentuk komunitas pemuda bernama Papua Inspiratif. Melalui Komunitas ini, Simon menginsiasi berbagai program, seperti Angkat Mama Papua, yang merupakan sebuah gerakan kewirausahaan untuk mengangkat ekonomi mama Papua yang berada di pedalaman (khususnya pegunungan Arfak).

"Caranya, yakni dengan membantu membuka pemasaran yang luas lewat media sosial dan mendorong pembuatan produk olahan," ucapnya.

Ia juga membentuk Fasilitasi Kreatifitas dan Inovatif Anak Papua (Fastra) yang menjadi wujud kepedulian dan perhatiannya pada kemajuan pemuda Papua. Fastra  merupakan sebuah gerakan yang berupaya mendeteksi dan memfasilitasi talenta-talenta muda Papua. “Melalui gerakan ini, kita mendorong potensi diri termasuk hobi atau kesenangan untuk disulap memiliki nilai ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Bukan itu saja, Simon juga membentuk program Revitalisasi Taman dan Fungsinya (Remang). Yakni, sebuah gerakan untuk mengaktifkan atau merevitalisasi kembali taman kota, agar sesuai fungsinya. Dia menyebut, taman yang selama ini berfungsi sebagai tempat rekreasi semata, nantinya akan diintegrasikan dengan pengembangan atau pemberdayaan ekonomi kecil yang akan digerakkan oleh masyarakat di seputar taman kota.

Atas segala kontribusi membangun Papua, Simon memperoleh penghargaan Tokoh Pemuda Inspiratif dalam acara Papua Barat Innovation Award di tahun lalu. Simon pun berharap dengan yang dilakukannya tersebut akan semakin banyak generasi muda Papua yang terinspirasi dan termotivasi untuk memberikan dampak positif ke tanah Papua.(***)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Simon Tabuni, Sosok Inspiratif dari Tanah Papua

Trending Now

Iklan