Iklan

MPR: Rekrut Sukarelawan Covid-19 Untuk Pantau Warga Yang Isolasi Mandiri

warta pembaruan
12 Juli 2021 | 10:51 PM WIB Last Updated 2021-07-12T15:51:03Z
Jakarta, www.wartapembaruan.co.id –Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyoroti soal tingginya kasus kematian pada pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, dan mengusulkan kepada semua pemerintah daerah untuk merekrut sukarelawan yang bertugas mengunjungi pasien Covid-19 yang melakukan isoman di rumah dan membantu penyaluran logistik bagi warga yang terimbas kebijakan PPKM Darurat.

“Selain itu, pemerintah daerah harus memastikan adanya tenaga kesehatan, alat kesehatan hingga pasokan obat untuk para pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Bambang Soesatyo juga meminta agar Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah menyosialisasikan tata cara isolasi mandiri, baik kepada masyarakat, petugas dan dokter puskesmas, termasuk aparat RT dan RW serta sukarelawan Covid-19, agar masyarakat yang akan melakukan isolasi mandiri tetap tertangani dengan baik.

Menurut Ketua MPR, keadaan/kondisi pasien ketika melakukan isolasi mandiri harus terpantau dengan baik, karena itu selain dibutuhkan kehadiran tenaga kesehatan dan keterlibatan para ketua RT/RW, juga penting untuk memaksimalkan kekuatan para tenaga sukarelawan.

“Tingginya kasus kematian pada pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, salah satu penyebabnya karena mereka tidak tertangani dengan baik akibat kurangnya petugas tenaga kesehatan yang memantau mereka,” katanya.

Bambang Soesatyo mendorong pemerintah daerah dan aparatur daerah hingga di tingkat RT/RW dan juga para sukarelawan untuk selalu siaga bergerak membantu warga dalam menyuplai kebutuhan ataupun memberikan pertolongan lainnya, di samping berpartisipasi aktif dalam memantau perkembangan kondisi warganya yang melakukan isolasi mandiri.

"Pemerintah Pusat dan daerah bersama Satgas Penanganan Covid-19 harus terus memaksimalkan penanganan pasien Covid-19, baik yang berada di fasilitas kesehatan maupun yang melakukan isolasi mandiri di rumah dengan menjamin ketersediaan pasokan obat-obatan, oksigen bagi yang membutuhkan hingga sumber daya kesehatan," katanya. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MPR: Rekrut Sukarelawan Covid-19 Untuk Pantau Warga Yang Isolasi Mandiri

Trending Now

Iklan