News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa KKN PPM UIN IB Kecamatan Lengayang Terima Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan

Mahasiswa KKN PPM UIN IB Kecamatan Lengayang Terima Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan

PESISIR SELATAN, WARTAPEMBARUAN.CO.ID - Mahasiswa KKN PPM UIN IB Padang 2021 menerima kunjungan dari Dosen Pembimbing Lapangan KKN, Sabtu (31/07), yaitu Buk Asrina dalam rangka meninjau secara langsung kegiatan mahasiswa KKN sekaligus meminta laporan kegiatan dan rancangan program mahasiswa KKN di Nagari masing-masing tempat mahasiswa ber-KKN di Kecamatan Lengayang.

Acara tersebut bertempat di kantor KAN Nagari Kambang, dihadiri oleh Bapak Imawardi A.Md (Wali Nagari Kambang), Bapak Rusli A.Md (Seknag Kambang) dan Bapak Musliadi (Seknag Kambang Utara).

Adapun Nagari yang menjadi tempat mahasiswa melaksanakan KKN di Kecamatan Lengayang, di antaranya adalah Nagari Kambang Utara (Kampung Akad), Nagari Kambang (Limau Manis Kulam), dan Nagari Kambang Barat (Tebing Tinggi).

Wali Nagari Kambang, Bapak Imawardi, A.Md mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan dari DPL KKN mahasiswa UIN IB Padang 2021, Buk Asrina, di kantor KAN Nagari Kambang.

"Dengan kedatangan ibuk dosen DPL hendaknya dapat memacu mahasiswa agar melaksanakan program KKN sebaik mungkin dan bersama-sama dengan pemerintah, tokoh masyarakat, dan pemuda di Nagari masing-masing dalam memajukan desa atau kampung hendaknya," ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa, "kami selaku pemerintahan Nagari Kambang sangat menerima kedatangan mahasiswa KKN UIN IB Padang dan sangat mendukung program-program yang diadakan mahasiswa saat melaksanakan KKN di kenagarian masing-masing."

Senada dengan itu, Seknag Kambang Utara, bapak Musliadi dalam paparannya juga mengatakan sangat menerima dengan baik kedatangan mahasiswa KKN di Nagari Kambang Utara. Dia menyebut bahwa nagari Kambang Utara terdiri dari 8 kampung, salah satunya kampung Akad tempat mahasiswa UIN IB Padang ber-KKN.

"Nagari Kambang Utara terdiri dari 8 kampung. Nagari Kambang Utara merupakan salah satu Nagari di Kecamatan Lengayang yang menjadi Nagari mandiri pangan dan tageh hukum.
Maksud dari Nagari tageh hukum itu sendiri, Nagari menjadi peran utama dalam membina masyarakat yang tidak mematuhi aturan dalam wilayahnya, contoh dalam hal kenakalan remaja, jika ada remaja yang melakukan pelanggaran sosial seperti memakai knalpot motor racing di jalanan, maka Nagari berhak memberi sanksi sosial terhadap pelanggar," tuturnya.

Buk Asrina sebagai DPL mahasiswa KKN UIN IB Padang 2021 di Kec. Lengayang mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari Kambang dan Seknag Nagari Kambang Utara yang telah menyambut baik mahasiswa KKN dan kunjungan nya di Kecanatan Lengayang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali dan berharap kepada pemerintah nagari setempat agar mahasiswa KKN dapat dibimbing dan diarahkan sebaik mungkin dalam bersosialisasi dengan masyarakat dan menjalankan program selama melaksanakan KKN. Bapak Wali juga jangan segan-segan untuk menegur anak-anak kami yang sedang ber-KKN jika melakukan kesalahan di lapangan," kata Buk Asrina.

"Kepada mahasiswa kami yang sedang ber-KKN, hendaknya bisa berinteraksi sebaik mungkin, dan berpandai-pandai dengan masyarakat sesuai kondisi daerah dan masyarakat, juga tetap jaga kesehatan selama melaksanakan KKN di tempat masing-masing," tambahnya.

Dalam acara tersebut, ketua KKN diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan kegiatan dan program KKN di kenagarian masing-masing sebagai bahan evaluasi dan bentuk dari konsistensi mahasiswa dalam melaksanakan KKN.

Adapun nama masing-masing ketua KKN di Kecamatan Lengayang diantaranya adalah Kurnia Affandi (ketua KKN Nagari Kambang Utara), David Aulia Maindra (ketua KKN Nagari Kambang), dan Ahmad Fauzi (ketua KKN Nagari Kambang Barat). (KA/FA)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar