Iklan

Meski Sudah Vaksin, Masyarakat Diimbau Tetap Patuhi Prokes

warta pembaruan
26 September 2021 | 3:06 PM WIB Last Updated 2021-09-26T08:06:17Z
PEKALONGAN, Wartapembaruan.co.id - Saat ini Pemerintah Indonesia tengah melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Meski demikian, masyarakat yang sudah menerima vaksin diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

“Bukan berarti sudah  disuntik vaksin bukan berarti bisa terbebas sepenuhnya dari Covid-19. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa vaksin bukanlah obat, namun vaksin Covid-19 berfungsi sebagai pendorong kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari risiko penularan atau risiko gejala berat dari Covid-19.” ujar Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H.,  Minggu (26/9/2021)

Artinya, seseorang yang sudah divaksin tetap berisiko tertular Covid-19. Oleh karena itu, penting untuk terus mengutamakan kesehatan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit.

Meskipun sudah ada vaksin, pihaknya mengingatkan, perilaku penerapan protokol kesehatan supaya tidak ditinggalkan. Bagi mereka yang sudah mendapat vaksinasi juga masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna memproteksi diri.

Dia mengatakan, seseorang yang sudah mendapat vaksin belum sepenuhnya kebal dari infeksi virus Korona. Kemungkinan masih memiliki risiko tertular atau terinfeksi Covid-19.

“Vaksinasi memang memiliki manfaat untuk membentuk kekebalan serta mencegah terjadinya perburukan gejala berat bila terinfeksi, namun demikian, bukan berarti kebal sehingga masih mungkin tertular atau terinfeksi. Selain itu, jika tertular maka masih berpotensi menularkan ke orang lain,” katanya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meski Sudah Vaksin, Masyarakat Diimbau Tetap Patuhi Prokes

Trending Now

Iklan